Sukses

Biasakan Makan Malam di Sore Hari Kalau Mau Kurus

Beginilah tips kalau mau kurus.

Liputan6.com, Jakarta Makan malam lebih awal dan sarapan sebelum pukul 07.00 dapat membantu menurunkan berat badan kita. Dengan melewatkan makan di malam hari, kita telah memudahkan tubuh untuk membakar lemak dan karbohidrat yang menumpuk selama satu hari penuh.

"Makan malam lebih awal atau pada waktu-waktu tertentu yang jarang dipilih orang pada umumnya, dapat membantu kita menurunkan berat badan," kata Courtney Peterson dari Pennington Biomedical Research Center di Louisiana, AS dikutip dari Boldsky pada Rabu (9/11/2016).

Menurut Peterson, metabolisme tubuh kita berfungsi paling optimal di pagi hari. Dengan memperbanyak asupan makanan di saat tubuh sedang aktifnya beraktivitas karena harus bekerja, energi dari makanan pun tersalurkan sekaligus dikeluarkan dengan baik tanpa menyisakan lemak atau pun karbohidrat dalam tubuh.

Pengertian lainnya adalah, perbanyak makan di pagi hari justru bantu seseorang kurangi berat badannya karena kandungannya berubah menjadi energi yang dikeluarkan dalam skala besar saat beraktivitas.

Selain itu, lanjut Peterson, ketika tubuh tidak menerima asupan makanan apa pun di malam hari, metabolisme menjadi lebih fleksibel, sehingga mampu membakar karbohidrat dan lemak.

"Temuan ini menunjukkan, waktu makan siang tidak berdampak pada metabolisme," tutur Profesor Dale Schoeller di University of Wisconsin di Madison, AS yang mempresentasikan mengenai efek makan malam di sore hari pada pertemuan tahunan kelompok obesitas bertajuk ObesityWeek 2016 di Louisiana, Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini