Sukses

Cara Cegah Penyakit Jantung untuk Semua Usia

Agar risiko penyakit jantung menurun, tidak ada kata ‘saya masih terlalu muda’ atau saya sudah terlalu tua’, untuk menjaga kesehatan jantung

Liputan6.com, Jakarta Penyakit jantung tak mengenal usia. Tidak ada kata ‘saya masih terlalu muda’ atau `saya sudah terlalu tua’ untuk menjaga kesehatan organ penting tersebut.

Mencegah penyakit jantung dan semua penyakit kardiovaskular lainnya artinya membuat pilihan pintar yang dimulai dari sekarang. Gaya hidup yang kurang sehat seperti kurang berolahraga, pola makan yang buruk, dan kebiasaan tidak sehat lainnya, dapat mempengaruhi kesehatan jantung Anda.

Untuk mencegah penyakit jantung, berikut langkah sederhana yang bisa dilakukan pada usia berapa pun Anda, seperti dilansir dari Heart.org, Selasa (8/11/2016):

1. Pilih rencana makan yang sehat

Makanan yang Anda konsumsi, dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Coba pilih makanan yang rendah lemak jenuh, bebas lemak trans, dan natrium. Jika ingin melakukan diet sehat, makan banyak buah-buahan dan sayuran, gandum kaya serat, ikan (setidaknya dua kali per minggu), kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Selain itu, pilih produk susu rendah lemak dan unggas tanpa kulitnya, serta batasi minuman manis dan daging merah.

2. Aktif secara fisik

Anda bisa memulai latihan secara perlahan-lahan hingga setidaknya bisa mencapai waktu dua setengah jam (150 menit), dengan melakukan latihan intensitas sedang (misalnya jalan cepat) setiap minggu. Bisa juga melakukan latihan aerobik dengan intensitas lebih tinggi (jogging dan berlari) setiap minggu. Sedangkan untuk anak-anak, setidaknya melakukan 60 menit aktivitas yang aktif setiap hari. Dengan begini, risiko penyakit jantung bisa menurun. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini