Sukses

Mendadak Tuli, Ternyata Cotton Bud 'Nyangkut' di Telinga

Setelah diperiksa, ternyata ada cotton bud tertinggal di telinganya.

Liputan6.com, New Delhi Meski anjuran kesehatan telah melarang semua orang menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga, nyatanya masih banyak orang yang melakukannya. Padahal cotton bud dapat merusak dan mendorong kotoran masuk ke dalam telinga.

Seperti seorang pria di India yang dikisahkan Dr Kunal Karade, seorang dokter spesialis Telinga, Hidung dan Tenggorok. Dia menemukan pasien yang mendadak tuli. Setelah diperiksa, ternyata ada kapas cotton bud tertinggal di telinganya.

Cotton Bud di liang telinga seorang pria. Foto: Mirror.co.uk

"Jika Anda selalu mengandalkan cotton bud, mungkin ini peringatan bagi Anda. Saya menemukan kapas cotton bud telah bersarang jauh di dalam liang telinga pasien selama lima hari," kata Kunal, seperti dilansir Mirror, Jumat (4/11/2016).

Menurut pengakuan pasien, telinganya gatal dan sulit mendengar. "Kejadian seperti ini memang beberapa kali terjadi. Saya pun telah menyarankan pasien untuk tidak menggunakan cotton bud karena dapat mengganggu kebersihan alami telinga," ujarnya.

Jika Anda merasa gatal atau mengalami penumpukan kotoran telinga, hindari menggunakan cotton bud. Sebaiknya, Anda mengunjungi dokter dan membersihkannya sesuai prosedur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.