4 Trik Cegah Kebiasaan Makan Berlebihan

Oleh Aditya Eka Prawira pada 06 Jun 2017, 14:00 WIB
Diperbarui 06 Jun 2017, 14:00 WIB
[Bintang] Makanan Jepang vs Korea, Kamu Lebih Suka yang Mana?
Perbesar
Membicarakan hidangan Jepang dan Korea, kamu lebih suka yang mana? (Via: japan-guide.com)

Liputan6.com, Jakarta Ada orang yang makan berlebihan akibat dari kebiasaan duduk di depan televisi terlalu lama. Pada banyak kasus, makan berlebihan terjadi karena ketidakmampuan seseorang memahami sinyal lapar.

Beberapa orang "doyan" makan berlebihan karena pengaruh dari gangguan klinis yang disebut dengan binge-eating disorder. Mampu makan dalam jumlah banyak dan dilakukan dalam waktu yang sangat cepat tapi setelah itu langsung merasa bersalah. Dan ini terjadi terus-menerus.

Namun, ada juga orang yang semula tidak ingin makan banyak tapi karena yang dikonsumsi adalah makanan yang mengandung gula, lemak, dan garam, tiba-tiba saja merasa sulit mengontrol nafsu makan lantaran terjadi perubahan di dalam otak. Akibat dari kondisi ini, orang menjadi kecanduan makanan sehingga makan berlebihan.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan supaya terhindar dari kebiasaan makan berlebihan seperti dikutip Boldsky pada Selasa (6/6/2017)

1. Bantuan psikolog: Apabila Anda kerap makan berlebihan ketika dirundung kesedihan dan stres, segera minta bantuan psikolog. Agar Anda lebih mudah mengontrol stres dan mengerem kebiasaan makan berlebihan.

2. Tanyakan pada diri sendiri: Jika muncul keinginan untuk makan terus, tanyakan pada diri sendiri apakah Anda benar-benar lapar. Tak jarang rasa lapar yang muncul karena paksaan alias "lapar mata".

3. Tak perlu diet ketat: Jika Anda terlalu ketat dalam menjalankan diet, kemungkinan untuk makan berlebihan bisa saja terjadi.

4. Semua makanan baik: Jangan pernah memberi 'label' makanan jahat dan baik. Sekalipun yang Anda santap adalah makanan sehat, bila makan berlebihan tetap saja kalori yang menumpuk berjumlah besar.