7 Fakta Penyebab Bibir Pecah-pecah

Oleh Benedikta Desideria pada 23 Okt 2016, 10:00 WIB
Diperbarui 09 Mar 2017, 18:07 WIB
Hindari Bibir Pecah-pecah Selama Puasa dengan 5 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta Bagi pemilik bibir yang pecah-pecah akan merasa perih, apalagi kondisi sudah parah bisa sampai membuat bibir berdarah.

Faktor utama bibir pecah-pecah karena dehidrasi atau kurang cairan. Biasanya sebelum bibir pecah-pecah, bibir kering terlebih dahulu. Untuk mengatasi hal ini disarankan untuk memperbanyak asupan cairan.

Namun di luar itu masih ada beberapa hal yang membuat bibir pecah-pecah seperti mengutip laman Bustle, Minggu (23/10/2016).

1. Kebiasaan menjilati bibir

Maksud hati menjilati bibir agar lembap namun faktanya kebiasaan ini membuat bibir jadi kering. Fungsi air liur untuk membantu makanan lebih mudah dicerna usus bukan untuk melembapkan bibir kata dermatolog dari University of Colorado, Amerika Serikat, Barbara Reed.

Daripada menjilati bibir lebih baik oleskan pelembap bibir (lip balm) yang memang berfungsi melembapkan.

2. Infeksi jamur

Bila bibir pecah-pecah terutama pada bagian pinggir ini bisa jadi karena ada infeksi jamur. "Di kulit kita ada banyak jamur. Bisa jadi kalau bibir pecah-pecah itu artinya produksi jamur berlebihan," kata dokter spesialis kulit, Shawn Allen.

Jamur bisa tumbuh berlebih dari air liur di sekitar bibir. Oleh karena itu Allen mengingatkan untuk menghindari membasahi bibir dengan air liur dan memperbanyak minum air putih.

3. Reaksi alergi

Alergi terhadap sesuatu yang bersentuhan dengan kulit bibir juga bisa membuat area ini jadi pecah-pecah. Bisa akibat produk kecantikan maupun makanan.

4. Paparan sinar matahari berlebih

Berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari bisa membuat bibir kering lalu pecah-pecah. Oleh karena itu pastikan mengoleskan produk kecantikan bibir yang mengandung tabir surya.

5. Kekurangan vitamin

Bila tubuh kekurangan Vitamin B2 itu bisa membuat bibir jadi kering. Mengonsumsi makanan kaya vitamin B2 seperti telur dan daging bisa jadi solusi.

6. Kelebihan vitamin A

Bila asupan vitamin A berlebih bisa berdampak buruk bagi tubuh. Salah satunya membuat bibir kering dan pecah-pecah.

7. Konsumsi obat tertentu

Konsumsi obat untuk mengatasi masalah hipotiroid, jerawat dan tekanan darah tinggi bisa memicu bibir pecah-pecah. Bila kondisinya sampai parah, coba diskusikan dengan dokter terkait hal ini.

Live Streaming

Powered by