Sukses

Ingat, Hindari 5 Jenis Makanan Ini Jika Tidak Ingin Migrain

Jika pernah mengalami migrain sebelumnya, Anda mungkin jadi termotivasi untuk melakukan apapun agar migrain tak muncul kembali.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda sering mengalami penyakit migrain, Anda mungkin jadi termotivasi untuk melakukan apapun agar migrain tak muncul kembali.

Migrain dapat menyebabkan sensasi berdenyut di kepala yang terjadi secara intens dan umumnya terjadi hanya di salah satu sisi kepala. Kondisi ini juga disertai sejumlah gejala lain seperti rasa mual, muntah dan juga sensitif berlebih pada cahaya.

Sebenarnya, Anda bisa mengurangi risikonya yaitu dengan cara menyesuaikan kebiasaan makan Anda. Ini dikarenakan sebagian makanan bisa memicu terjadinya migrain. Melansir Healthline, Selasa (25/10/2016), berikut beberapa jenis makanan yang patut dihindari agar terhindar dari penyakit kepala sebelah atau migrain:

1. Daging dan produk susu

Beberapa jenis daging sapi, ayam, ikan, dan produk susu, bisa menjadi pemicu migrain karena mengandung tyramine atau nitrat. Daging olahan seperti misalnya daging kalengan, daging yang dikeringkan, dan daging curing (daging yang sudah melewati proses pemberian garam pada dagingnya), sering menjadi penyebab utama pemicu migrain. Agar aman, hindari hot dog, sosis bologna, pepperoni, dan daging asap. Sedangkan untuk produk susu, hindari buttermilk, keju cheddar, keju Swiss, mozzarella, dan provolone.

2. Hindari beberapa buah dan sayuran

Sayuran dan buah memang baik untuk kesehatan. Akan tetapi, jika Anda memiliki migrain lebih baik perhatikan apa saja yang Anda makan. Buah yang harus dihindari yaitu kismis, pepaya, buah plum, pisang masak, dan alpukat. Sedangkan sayuran yang lebih baik dihindari yaitu kacang-kacangan, bawang mentah, dan bawang putih.

3. Hindari beberapa roti

Sebagian jenis roti yang dijual di pasaran, juga dapat memicu migrain, seperti roti sourdough (roti yang difermentasi dengan ragi dan bakteri yang terbentuk secara alami), roti yang baru saja keluar dari oven (fresh baked), serta produk roti yang mengandung keju, yaitu piza.

4. Hindari beberapa minuman

Tidak hanya makanan, ada juga beberapa jenis minuman yang harus dihindari agar migrain tak terjadi, seperti minuman mengandung cokelat, cokelat susu, kafein, serta minuman alkohol.

5. Hindari makanan manis

Jika biasanya Anda menyukai makanan manis seperti kue, lebih baik kurangi konsumsinya agar migrain tak terjadi lagi. Hidangan manis yang bisa menjadi pemicu ialah cokelat, kacang-kacangan, pie, atau biskuit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Migrain adalah sakit kepala yang terasa seperti berdenyut dengan tingkat sedang hingga parah.

    Migrain

  • Pusing merupakan keadaan yang menggambarkan perasaan kehilangan keseimbangan.

    Pusing

Video Terkini