5 Alasan Sarapan Bubur Lebih Sehat

Oleh Gina Melani pada 14 Okt 2016, 12:00 WIB
Diperbarui 14 Okt 2016, 12:00 WIB
Editor Says: Kontroversi Antara Bubur Aduk dan Bubur Nggak Diaduk
Perbesar
Bubur ayam. (via: resepharian.com)

Liputan6.com, Jakarta Bubur adalah salah satu pilihan sarapan yang paling sehat. Selain rendah lemak, hidangan oatmeal merupakan sumber mineral, serat dan karbohidrat yang lambat mengeluarkan energi.

Para peneliti dari Harvard University yang sebelumnya menemukan biji-bijian, seperti gandum, adalah kunci untuk hidup lebih lama. Berikut Cassandra Barns, ahli gizi berbasis di London, mengungkapkan 5 alasan bubur menjadi sarapan yang terbaik.

1. Tanpa tambahan gula

"Oats merupakan sumber energi yang baik karena lambat dalam pelepasan energi dan tidak seperti kebanyakan sarapan sereal lainnya, tidak mengandung tambahan gula", kata Ms. Barns. "Ini berarti mereka dapat membantu untuk menjaga energi Anda stabil sampai waktu makan siang, daripada menyebabkan 'kecelakaan' pada pertengahan pagi!"

2. Sumber alam vitamin dan mineral

Gandum merupakan sumber alami vitamin dan mineral, termasuk vitamin B1, magnesium, besi, mangan dan seng, yang memiliki banyak peran penting dalam tubuh termasuk mendukung energi dan kekebalan.

Kebanyakan sarapan sereal rendah nutrisi alami dan harus diperkaya dengan vitamin sintetis, yang tidak dapat dengan mudah digunakan oleh tubuh kita.

Rata-rata manusia sering kekurangan magnesium dalam menu makan, dan begitu banyak dari kita yang bahkan tidak mendapatkannya dalam menunya. "Ini salah satu nutrisi yang penting bagi sel-sel untuk membuat energi", kata Ms Barns.

3. Lambat melepaskan energi

Bubur merupakan sarapan besar untuk fanatik kebugaran dan olahraga, baik sebelum atau setelah pelatihan, klaim ahli gizi. "Karbohidrat slow-releasing dalam gandum yang fantastis untuk latihan atau untuk memulihkan otot setelah pelatihan, dan magnesium sangat penting untuk fungsi otot juga," Ms Barns menambahkan.

Oats memberikan karbohidrat slow-realising untuk membantu mengisi glikogen otot, energi yang tersimpan dalam otot.

4. Mudah dikombinasikan untuk meningkatkan protein dan lemak sehat  

"Bubur mudah dikombinasikan dengan bahan lain untuk meningkatkan kelezatan dan kandungan gizi", katanya. Tambahkan buah segar untuk menambahkan aroma dan rasa, vitamin C dan antioksidan.

Anda dapat mencampurkan dengan kacang cincang atau biji untuk meningkatkan kandungan protein dan lemak sehat. Atau taburi di atasnya satu sendok teh kayu manis, yang telah dilakukan pemanasan berkualitas untuk musim dingin. Serta dapat membantu menyeimbangkan gula darah, saran Ms. Barns.

5. Kaya serat

"Serat dalam bubur oat dapat membantu menurunkan kolesterol secara alami", katanya. Oats adalah cara yang lebih baik untuk menurunkan kolesterol Anda daripada selai penurun kolesterol populer, yang dibuat dengan terhidrogenasi, lemak yang tidak wajar.

Mereka mengandung serat larut yang disebut beta-glucan, yang membantu menghentikan kolesterol yang diserap ke dalam aliran darah melalui dinding usus. Serat makanan juga telah dikenal untuk membantu orang menjaga berat badan yang sehat, yang kemudian dapat mengurangi kemungkinan mengembangkan diabetes tipe 2. Bubur dikenal memiliki sekitar 4g serat per mangkuk, dimana bahkan cornflake memiliki kurang dari 0.3g.