Sukses

Bokong Bayi Ruam, Kapan Harus ke Dokter?

Jika kondisinya masih ringan bisa diatasi sendiri. Namun bila berat sudah saatnya memeriksakan ke dokter.

Liputan6.com, Jakarta Ruam kulit di area bokong dan selangkangan merupakan masalah umum yang sering terjadi pada bayi. Jika kondisinya masih ringan bisa diatasi sendiri. Namun bila berat sudah saatnya memeriksakan buah hati Anda ke dokter.

"Bila ruamnya masih ringan, bisa diatasi dengan perawatan kulit sederhana. Caranya dengan sering mengecek popok bayi sudah penuh atau belum. Lalu sering-sering bersihkan sesudah ia pipis," kata Penasihat Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia - Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit & Kelamin (Perdoski), Titi Lestari Sugito.

Lalu, dokter jangan lupa untuk melapisi kulit bayi dengan baby cream yang berfungsi melindungi kulit agar tak langsung kontak dengan urine seperti pesan Titi.

"Bila sudah melakukan cara di atas, malah tambah ruam dan rewel itu saatnya ke dokter," kata Titi dalam acara MamyPoko Love Touch di Central Park, Jakarta ditulis Jumat (7/10/2016).

Dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai untuk meredakan ruam tersebut. Kehadiran ruam pada kulit itu bisa mengganggunya, ia jadi tak nyaman sehingga sering menangis, dan sulit tidur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.