Sukses

Bolehkah Lap Vagina dengan Tisu Basah?

Bolehkah menggunakan tisu basah untuk menjaga vagina tetap bersih?

Liputan6.com, Jakarta Kadang di tempat-tempat yang sanitasinya buruk atau tidak ada lap kering (handuk atau tisu), seorang wanita sulit membersihkan organ intimnya. Tak jarang, mereka menggunakan tisu basah untuk menjaga vagina tetap bersih. Namun apakah cara ini aman?

Dokter spesialis kandungan, Liva Wijaya, SpOG menerangkan, penggunaan tisu basah memang sering digunakan oleh wanita Barat untuk membersihkan vagina saat tidak ada lap kering. Namun hal ini tidak bisa diterapkan di Indonesia karena kondisi kelembapan di sini lebih tinggi sehingga hal ini tidak disarankan.

"Di kita (Indonesia) sangat lembap. Kalau kita mengelap vagina dengan dengan tisu basah bisa induce infeksi," katanya di sela-sela acara Betadine Feminine Hygience, Jumat (7/10/2016).

Saran Liva, sebisa mungkin bersihkan vagina dengan air mengalir. "Bila tidak ada atau sulit mendapatkan air bersih, Anda bisa menggunakan air minum," pungkasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.