Sukses

Apakah Tanaman Hias Berbahaya Bagi Kesehatan Kita?

Tanaman hias memang mungkin bisa menambah indah rumah kita, namun ternyata apa yang terlihat bagus, terkadang bisa menipu.

Liputan6.com, Jakarta Tanaman hias memang bantu memperindah penampilan rumah kita secara keseluruhan indah, namun ternyata apa yang terlihat bagus, terkadang bisa menipu. 

Melansir Fox News, Sabtu (8/10/2016), Seorang profesor untuk Crop and Soil Sciences Department di University of Georgia, Mussie Habteselassie, menjelaskan bagaimana akar tanaman bisa bertindak sebagai tempat tumbuhnya mikroorganisme.

“Tanaman ficus kesayangan Anda tidak hanya menambah hijau ruangan Anda, namun ia juga menjadi tempat berkembangnya bakteri, jamur, dan mikroorganisme lainnya. Sehingga Anda membawa banyak hal ke dalam rumah Anda lewat tanaman,” katanya.

Pada tanaman sehat yang mendapat banyak sinar matahari dan air dengan jumlah yang tepat, jamur akan membantu sistem akar tanaman untuk mengekstrak lebih banyak nutrisi dari lingkungannya. 

“Namun jika air diberikan secara berlebihan pada tanaman, maka jamur akan menghasilkan spora, dan spora tersebut dapat menyebabkan reaksi alergi,” ujar Dr. Habteselassie.

Bagi orang-orang yang alergi, gejalanya mirip dengan demam. Selain itu spora juga dapat memperburuk penyakit asma pada orang yang memilikinya.

Hal ini terjadi ketika tanaman stres akibat diberi air secara berlebihan, paparan pada suhu yang ekstrim, atau diserang oleh jamur, bakteri, atau serangga, maka tanaman akan melepaskan bahan kimia berbentuk gas yang tidak berbau.

“Ini bisa dianalogikan seperti sigung yang diserang, maka ia akan mengeluarkan semprotan untuk membela dirinya,” jelasnya.

Walaupun manusia tidak dapat mendeteksi gas yang tidak berbau, namun perangkat deteksi rumahan yang tersedia di toko ataupun dijual secara online bisa membantu Anda untuk mendeteksinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini