Sukses

Terima Kasih Ibu, Kecerdasan Anak Menurun darimu

Maaf untuk para ayah, tapi sebuah studi menegaskan kalau kecerdasan anak ternyata diturunkan dari ibu.

Liputan6.com, Jakarta Maaf untuk para ayah, tapi sebuah studi menegaskan kalau kecerdasan anak ternyata diturunkan dari ibu. Hal ini terbukti berdasarkan genetik yang diturunkan orangtua.

Seperti kita ketahui, wanita memiliki kromosom XX dan laki-laki memiliki kromosom XY. Kromosom ini ibarat hard drive yang hidup dalam sel kita. Dialah yang mengangkut gen kita. Menurut studi ini, kecerdasan yang diturunkan langsung dari kromosom X sangat kuat.

Namun ayah, jangan sedih. Seperti dilansir Your Tango, Kamis (5/10/2016), Anda juga memiliki peran penting dalam tumbuh kembang si kecil. Jadi dalam penelitian yang sama, kromosom XY berkontribusi pada aspek fisik anak-anak Anda. 

Mengutip Psychology Spot, anak dengan dominan gen ibu cenderung memiliki otak yang besar, tetapi memiliki tubuh kecil. Sebaliknya, anak yang memiliki gen paternal memiliki otak kecil dan tubuh yang lebih besar. Menarik, bukan?

Kendati demikian, peneliti di University of Washington menemukan, kejeniusan seseorang ternyata tak hanya berdasarkan genetik saka. Ikatan kasih sayang orangtua juga mempengaruhi pertumbuhan beberapa bagian dari otak. Selain itu pengaruh lingkungan juga penting.

Peneliti telah menganalisis hal ini selama tujuh tahun. Melihat bagaimana cara ibu berhubungan dengan anak-anak mereka dan menemukan bahwa bila anak didukung secara emosional maka tingkat intelektual dan emosional mereka tinggi.

"Pada usia 13, hippocampus (daerah otak yang berhubungan dengan memori, belajar dan respon stres) anak-anak yang mendapatkan kasih sayang 10 persen lebih besar dibandingkan anak-anak dari ibu yang jarang berhubungan dengan anaknya," ujar peneliti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini