Sukses

Ini 3 Jenis Ikan Mengandung Omega-3 dan 5 Pembawa Racun

Tidak semua ikan sehat untuk dimakan lantaran beberapa mengandung racun atau merkuri yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Ikan merupakan sumber makanan yang mengandung protein, lemak tak jenuh tunggal, asam lemak omega-3 dan beberapa zat lainnya.

Sayangnya, akibat lingkungan kita yang terus-menerus diracuni dengan bahan kimia, baik secara sengaja maupun tidak, ikan-ikan di lautan juga ikutan terkontaminasi kandungan merkuri hingga akhirnya tak layak untuk dikonsumsi.

Namun terlepas dari faktor terkontaminasi atau tidak, ada beberapa jenis ikan yang umumnya boleh dikonsumsi dan ada juga yang tidak.Seperti dilansir dari Eating Well, Rabu (5/10/2016) berikut ikan-ikan yang dimaksud.

Ikan yang tergolong sehat untuk dikonsumsi termasuk:

1. Makarel atlantik

Spesies ikan ini mengandung omega-3 yang baik untuk jantung dan akan memberikan 20 gram protein dalam setiap 3 ons porsi filletnya.

2. Salmon

Setiap satu porsi 3 ons ikan salmon, mengandung 700 hingga 1.800 miligram kandungan omega-3 yang baik untuk tubuh Anda.

3. Sarden

Ikan ini mengandung lebih banyak omega-3 per 3 ons porsinya , jika dibandingkan dengan salmon dan tuna. Selain itu sarden juga salah satu dari banyak makanan yang secara alami tinggi kandungan vitamin D.

Sedangkan untuk ikan yang berbahaya jika dikonsumsi menurut The Environmental Defense Fund (EDF), ialah:

1. Tuna sirip biru

Ikan ini mengandung tingkat merkuri yang tinggi. Namun jika ingin memakannya, EDF menyarankan agar memakannya tidak lebih dari satu porsi per bulan.

2. Orange Roughy

Rentang hidup ikan ini panjang namun lambat dalam mereproduksi. Akibatnya, karena umurnya yang panjang, membuat tubuhnya pun banyak menyerap merkuri yang tersebar di air.

3. Raja Makarel

Predator rakus ini memiliki umur yang panjang dan tubuh yang besar, membuatnya menumpuk banyak merkuri dalam hidupnya. Namun beberapa pihak berwenang mengatakan bahwa masih aman untuk memakan ikan ini, jika panjangnya kurang dari 33 inci dan beratnya kurang dari 10 pon.

4. Hiu

Karena hiu berada di rantai makanan paling atas, mereka mengonsumsi berbagai jenis ikan sebagai makanannya. Hal ini berarti, jika ikan yang dimakannya tinggi merkuri, maka kandungan tersebut banyak menumpuk dalam tubuh hiu.

5. Swordfish

Ikan besar ini juga hobi memakan ikan yang terkontaminasi merkuri sebagai makanan alaminya. Bahkan ikan tropis ini diketahui mengandung merkuri dengan tingkat tertinggi, dibandingkan dengan ikan besar lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.