Sukses

3 Makanan Sehat Ini Tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

Ada beberapa makanan tertentu yang dapat membahayakan, jika Anda memakannya terlalu banyak.

Liputan6.com, Jakarta Tiga makanan sehat ini membuktikan bahwa sesuatu yang dikonsumsi terlalu banyak itu tidak baik. Apa saja, berikut ulasannya, seperti dilansir Livescience, Senin (26/9/2016):

1. Wortel

Wortel kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk kesehatan. Tapi Anda terlalu berlebihan mengonsumsi wortel, kandungan didalamnya yaitu beta-karoten bisa mengubah warna kulit Anda.

Kondisi ini dikenal sebagai carotenemia. Terjadi karena karoten yang larut dalam lemak dan menumpuk secara berlebihan di lapisan terluar kulit, membuat kulit pun menjadi kuning atau berpigmen oranye, khususnya di telapak tangan, telapak kaki, lutut, dan daerah hidung.

Meskipun bisa mengubah penampilan luar, namun carotenemia tidak berbahaya dan Anda dapat kembali seperti semula.

2. Tuna

Terlalu banyak konsumsi tuna mentah dapat meningkatkan asupan merkuri ke dalam tubuh Anda. 

Merkuri berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan masalah neurologis yang parah. Selain itu, wanita hamil dan anak-anak juga tidak disarankan mengonsumsinya.

3. Belimbing

Dalam laporan kasus yang diterbitkan dalam Journal of Nephrology 2006, pasien yang kelebihan mengonsumsi belimbing memiliki penyakit ginjal kronis.

Gejala umum dari keracunan makanan sehat seperti belimbing ini termasuk cegukan, muntah, kelelahan, insomnia, gangguan kesadaran, kejang, dan hipotensi. Orang dengan riwayat penyakit ginjal harus menghindari makan belimbing, terutama pada saat perut kosong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini