Bunda, 6 Pose Yoga Ini Cegah Pegal Selama Menyusui

Oleh Bella Jufita Putri pada 21 Sep 2016, 08:30 WIB
Diperbarui 21 Sep 2016, 08:30 WIB
Yoga
Perbesar
Ilustrasi yoga

Liputan6.com, Jakarta Pada awal masa menyusui, sering kali para ibu merasakan hal yang janggal pada payudara mereka. Selain itu banyak ibu yang mengeluh akibat rasa pegal yang dirasakan selama atau usai menyusui.

Sulitnya mendapatkan posisi yang nyaman saat menyusui membuat bagian tubuh ibu sering terasa pegal, biasanya terjadi pada leher, bahu, serta punggung.

Untuk menghindari dan mencegah rasa pegal berkepanjangan, seperti dikutip laman Verywell, ditulis Rabu (21/9/2016) ternyata beberapa pose dalam yoga dapat membantu ibu meringankan rasa pegal. Berikut pose yoga terbaik ini :

1. Adho Mukha Svanasana

Downward Facing Dog for Breastfeeding Moms

Posisi yoga yang mendorong bagian dada ini efektif untuk menjaga tubuh tetap seimbang dan membuat peredaran darah pada bahu semakin lancar.

2. Forward Bend With Interlaced Fingers

Interlacing Hands Behind Your Back

Berdiri dengan tegak dan menarik kedua tangan ke belakang akan melatih bagian bahu dan leher, dapat memberikan kenyamanan tubuh saat menyusui.

3. Setu Bandha Sarvangasana

Bridge pose for Breastfeeding Moms

Dengan posisi pinggul dan tangan di bawah tubuh akan meningkatkan kekuatan bahu yang efektif cegah rasa pegal selama menyusui.

4. Heart Opener With a Bolster

Heart Opener With a Bolster

Cobalah untuk melakukan pose yoga ini selama beberapa menit usai menyusui si kecil. Pose yoga ini dapat membantu ibu meregangkan seluruh tubuh sekaligus mehilangkan rasa pegal dengan cepat.

5. Sphinx Pose

Sphinx Pose for Breastfeeding Moms

Untuk para ibu yang tak memiliki banyak waktu untuk beryoga, coba lakukan pose yoga ini di tempat tidur saat menyusui sang buah hati.

Posisi yoga ini mampu membantu dan menjaga keseimbangan bahu dan efektif menghindari rasa pegal akibat menyusui.

6. Chakravakasana

Cat-Cow stretch for Breastfeeding moms

Tak jauh berbeda dengan Sphinx Pose, pose yoga ini membantu ibu yang lebih sering menyusui anaknya dengan posisi duduk dan membungkuk. Gerakan yoga ini juga efektif untuk meregangkan tubuh yang pegal usai menyusui.