Sukses

Tips Rawat Rambut Sehat nan Indah Wanita Berhijab

Berikut cara tepat untuk merawat rambut tetap indah dan sehat meski mengenakan hijab.

Liputan6.com, Jakarta Rambut adalah mahkota wanita yang harus dirawat setiap saat, tak terkecuali bagi wanita yang mengenakan hijab.

Untuk merawat rambut bagi wanita berhijab, memang agak gampang-gampang susah. Sebab setiap harinya rambut berada dalam bungkusan kain, sehingga rambut tak mendapatkan kebebasan untuk bernapas.

Namun tak perlu khawatir berlebih, berikut cara tepat untuk merawat rambut tetap indah dan sehat meski mengenakan hijab. Seperti dikutip laman Fustany, ditulis Kamis (15/9/2016).

1. Pijat kepala dan Gunakan Sampo yang Tepat

Untuk menjaga kesehatan rambut bagi para wanita berhijab, Anda juga bisa melakukan masker rambut disertai dengan pijatan kepala yang merangsang sirkulasi darah dan mencegah kulit kepala kering.

Pastikan untuk memijat kulit kepala dengan gerakan melingkar menggunakan minyak alami setiap hari selama lima menit. Dan memilih pengobatan yang efektif seperti masker rambut seminggu sekali dan produk khusus rambut lainnya yang cocok dengan jenis kulit kepala dan rambut Anda.

2. Gunakan hijab dari bahan katun atau sutera

Hijab berbahan katun dan sutera tidak akan menyebabkan rambut mudah patah dan kering. Karena jenis bahan yang halus ini, tidak akan membuat gesekan pada rambut yang merusak rambut.

Jika Anda ingin menggunakan hijab yang terbuat dari kain seperti nilon dan poliester, pastikan untuk memakai bandana untuk melapisi dan melindungi kulit kepala dan rambut.

3. Jangan ikat rambut terlalu kencang

Mengikat rambut terlalu kencang akan menyebabkan tarikan yang merusak rambut dari akarnya. Cobalah untuk sedikit melonggarkan ikatan pada rambut agar rambut tak mudah rontok.

4. Jangan lewatkan untuk menyisir rambut

Jika Anda memakai hijab dengan waktu yang lama, jangan lewatkan untuk menyisir rambut. Setidaknya Anda harus menyisir rambut sebanyak dua kali dalam sehari, sebab dengan menyisir rambut, sirkulasi darah akan lebih baik dan kulit kepala lebih sehat.

5. Lepaskan hijab beberapa jam sekali

Bagi wanita Muslim, saat ingin menjalankan salat usahakan untuk melepaskan hijab dan semua aksesoris di kepala untuk memberi kesempatan bernapas bagi kulit kepala dan rambut.

6. Jangan gunakan jilbab saat rambut basah

Untuk menjaga kesehatan rambut, hindari memakai jilbab saat rambut masih basah. Sebab rambut yang belum kering secara total akan membuat kondisi rambut lembab dan rentan akan ketombe.

7. Jangan gunakan jilbab saat rambut basah

Untuk menjaga kesehatan rambut, hindari memakai jilbab saat rambut masih basah. Sebab rambut yang belum kering secara total akan membuat kondisi rambut lembab dan rentan akan ketombe.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.