Sukses

Apa Itu Teknik Veneer Gigi yang Jadi Tren di Kalangan Selebritas?

Bentuk veneer gigi yang paling diminati sekarang ini bunny teeth, atau gigi kelinci.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian dari kita mungkin tahu, para selebritas Indonesia seperti Olla Ramlan, Vega Darwanti, maupun Soimah melakukan perawatan veneer gigi. Bentuk veneer gigi yang paling diminati sekarang ini bunny teeth, atau gigi kelinci.

Menurut dokter gigi Emiria Dita, Sp.KG, metode veneer gigi memang tengah digandrungi karena dapat memperbaiki bentuk dan susunan gigi, mengubah profil wajah seseorang menjadi lebih cantik dan tentunya menambah kepercayaan diri.

Namun apa sebenarnya veneer gigi?

Veneer gigi merupakan prosedur kecantikan untuk membantu meningkatkan warna, bentuk, dan posisi gigi serta memperbaiki gigi yang gompal. Veneer gigi terbuat dari lapisan tipis porselen yang dipasang untuk menutupi permukaan depan gigi.

Adapun veneer gigi dilakukan melalui dua teknik pengerjaan, yakni teknik direct dan teknik indirect. Direct atau yang biasa kita sebut veneer komposit merupakan jenis veneer yang dapat dilakukan dalam waktu singkat, yakni sehari saja. Setelah melakukan konsultasi, permukaan gigi pasien akan sedikit diasah dan veneer langsung dibentuk sesuai dengan bentuk yang diinginkan pasien.

Sedangkan mekanisme perawatan indirect veneer memakan waktu lebih lama. Hasil gigi yang diasah akan dicetak dan dikirim ke laboratorium untuk dibuatkan veneer yang berbahan porcelain. Lalu, gigi yang telah diasah akan dibuatkan veneer sementara, selagi menunggu veneer porselen dari laboratorium. Biasanya lama pengerjaan di laboratorium sampai dengan satu minggu.

“Beda di keduanya terletak pada bahan dan ketahanannya. Bahan porselen lebih baik dalam menolak noda dan dapat bertahan hingga kurang lebih 15 tahun. Sedangkan, direct veneer hanya dapat bertahan hingga sekitar 5 tahun," kata Dita, seperti dimuat dalam siaran pers, Rabu (14/9/2016).

Sementara itu, drg. Andreas Aryo menuturkan, bagi masyarakat yang tertarik melakukan prosedur veneer gigi disarankan terlebih dahulu melakukan konsultasi di klinik gigi.

"Sangat dianjurkan bagi pasien untuk melakukan konsultasi agar dapat mengenali permasalahan gigi yang dialami. Dokter dapat memberikan prosedur perawatan gigi yang terbaik dan cocok pasien," ujarnya.

Aryo mengatakan, saat ini klinik Tiga Dental, yang berlokasi di Melawai, Jakarta Selatan memiliki sistem dental e-commerce (booking appointment) yang melayani pasien dalam membeli perawatan dan mengatur jadwal konsultasi. 

Terkait biaya, ia mengatakan harga untuk porselen veneer gigi sekitar tiga hingga empat juta rupiah per gigi. Sedangkan, direct veneer sekitar 800 ribu rupiah per gigi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.