Sukses

5 Manfaat Baking Soda untuk Kecantikan

Baking soda tidak hanya berguna untuk memasak dan membersihkan, namun juga memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti misalnya mengurangi

Liputan6.com, Jakarta Baking soda tidak hanya berguna untuk memasak atau membersihkan rumah, namun juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Baking soda bisa mengurangi rasa mulas ketika ditambahkan dengan air serta dapat mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga bila diterapkan pada area tersebut.

Dengan fleksibilitasnya tersebut, tidak mengherankan jika baking soda juga bermanfaat bagi perawatan kecantikan, apalagi jika Anda ingin menghemat uang. Dilansir dari Everydayhealth, Kamis (15/6/2016), berikut adalah lima manfaatnya:

1. Membuat kulit halus

Jika kulit Anda terasa sedikit kasar, Anda bisa menggunakan baking soda sebagai eksfoliator ringan. Caranya, campur baking soda dengan air lalu, ”Gosok ke seluruh siku dan lutut Anda untuk membuatnya menjadi halus,” ujar seorang ahli diet terdaftar, Keri Glassman.

2. Buat rambut lebih mengembang dan tahan lama

Coba campurkan seperempat cangkir bubuk ararut, satu sendok makan baking soda, dan satu tetes minyak esensial. Kemudian, celupkan sikat yang besar ke dalam campuran tersebut lalu kibaskan untuk mengurangi campuran yang berlebihan, dan terapkan pada akar rambut Anda.

Bubuk ararut akan menyerap minyak pada akar rambut Anda, sementara baking soda akan menyerap bau sehingga membuat rambut terasa bersih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mencerahkan kuku kaki

3. Mencerahkan kuku kaki

Larutkan tiga sendok makan baking soda ke dalam baskom yang berisi air hangat dan tambahkan irisan lemon. Kemudian rendam kaki selama 10 sampai 15 menit , lalu buat pasta dari campuran baking soda dengan sedikit air dan gosok secara perlahan di kuku Anda agar lebih cerah.

4. Mencerahkan gigi

Perawatan pemutihan gigi biasanya mahal, ditambah hidrogen peroksida yang ditemukan di dalamnya, dapat menyebabkan sensitivitas gigi. Jadi, cobalah alternatif alami sebagai gantinya.

“Caranya, basahkan sikat gigi Anda lalu taburi baking soda di atasnya, gosok gigi beberapa saat dan bilas untuk menghilangkan noda di permukaan gigi,” ujar Glassman.

5. Menyejukkan kulit yang terbakar sinar matahari

Caranya, campu empat sendok makan baking soda ke dalam satu liter air, kemudian basahi kain lap dan terapkan pada kulit yang terkena sengatan matahari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini