Dana, Wanita yang Telah Sumbangkan 20.000 Bra

Oleh Benedikta Desideria pada 12 Sep 2016, 20:25 WIB
Diperbarui 12 Sep 2016, 20:25 WIB
Dana Marlowe berawal dari menyumbangkan 16 bra, kini ia telah berhasil menghimpun 20.000 bra dan menyalurkannya ke wanita membutuhkan. (Foto: Cosmopolitan)
Perbesar
Dana Marlowe berawal dari menyumbangkan 16 bra, kini ia telah berhasil menghimpun 20.000 bra dan menyalurkannya ke wanita membutuhkan. (Foto: Cosmopolitan)

Liputan6.com, Washington DC Tak semua wanita bisa membeli bra, misalnya saja mereka yang kurang mampu. Bisa diduga mereka akan memakainya terus hingga usang. Mengetahui kondisi tersebut seorang wanita asal Washington DC, Amerika Serikat, Dana Marlowe kini aktif menyalurkan donasi bra kepada wanita-wanita yang membutuhkan. Setahun berjalan, paling tidak ada 20.000 bra sudah sampai ke tangan orang yang tepat.

Pada 2015, Dana berhasil menurunkan berat badan hingga 18 kg. Perubahan signifikan ini membuat ukuran payudaranya pun berubah. Ini juga berarti semua bra harus diganti. Amat sayang rasanya membuang bra yang ia miliki padahal kondisinya masih bagus. 

"Hingga pada suatu pagi di Juli 2015, suamiku berkata, `Kamu tidak bisa pergi hari ini, tunda semua meeting-mu, dan beli bra baru,`" kata Dana.

Pekerjaannya sebagai konsultan dengan posisi baik membuat penampilannya harus rapi. Dan sang suami memperhatikan bahwa tidak ada satu bra pun yang cocok dengan ukuran payudaranya.

Beberapa hari sesudah itu, ia pergi menelepon lembaga sosial apa yang bisa dilakukan dengan bra miliknya. Petugas di lembaga sosial tersebut berkata bahwa gelandangan membutuhkan bra.

"Saat itu pikiranku terbuka. Selama ini kita selalu mendonasikan pakaian, makanan, mainan, dan furnitur secara rutin, tapi lupa mendonasikan bra," tuturnya kepada Cosmopolitan dikutip pada Senin (12/9/2016).

Dana lalu menelepon ke sebuah tempat penampungan dekat rumahnya. Ia mengungkapkan punya 16 bra layak pakai yang tidak pas lagi dengannya. Rupanya tempat penampungan tersebut menerimanya serta membutuhkan produk-produk pembersih wanita.

"Lalu aku menceritakan pelajaran yang kudapatkan hari tersebut, bahwa wanita gelandangan butuh bra, ke Facebook. Sesudah itu, tanggapan di Facebook membludak mereka mengatakan `Aku punya bra, aku punya bra`. Sesudah itu bantuan donasi bra layak pakai meningkat," kata Dana.

Tak disangka, donasi bra pun terus membludak yang kemudian disalurkan ke wanita membutuhkan. Tanpa disadari bra bisa membuat orang bermartabat, bra memungkinkan seseorang untuk lebih tegak, membuat pakaian jatuh di badan lebih indah dan ada banyak kegunaan bra seperti diungkapkan Dana.

Kini, sudah puluhan ribu bra dikumpulkan dan dibagikan kepada wanita yang membutuhkan. Selain itu, Dana juga mengirimkan aneka perlengkapan wanita seperti pembalut untuk wanita gelandangan.