Sukses

6 Kebiasaan yang Bikin Sulit Tidur

Mulai dari menghindari menonton televisi dan setop mengecek Instagram sebelum tidur.

Liputan6.com, New York- Tempat tidur diciptakan untuk tidur. Namun hal tersebut tak sepenuhnya terjadi di masa kini. Banyak orang melakukan beragam aktivitas di kasur sehingga tak kunjung tidur.

Hal ini membuat waktu tidur pun berkurang sehingga aneka masalah kesehatan pun datang. Kurang tidur terkait dengan gangguan emosi, kelebihan berat badan, dan aneka masalah kesehatan lainnya.

Nah, agar tidur malam ini nyenyak coba singkirkan enam kebiasaan buruk berikut saat sudah di tempat tidur seperti dikutip laman Women's Health, Senin (12/9/2016).

1. Menonton televisi
Bukan orang yang menonton televisi, tapi televisi yang menonton Anda. Banyak orang modern membiarkan televisi menyala saat mereka tidur. Mungkin kita merasa baik-baik saja ya pada saat tidur dengan lampu menyala, padahal otak tidak seperti itu.

Paparan cahaya dari televisi mestimulasi otak ini dan menekan hormon melatonon yang membuat tidur jadi nyenyak. Hal ini membuat tidur jadi tak sepenuhnya nyenyak.Para pakar menyarankan paling tidak satu jam sebelum tidur.

2. Mengecek Instagram
Jujur saja, pasti sebagian dari Anda melakukan hal ini sebelum tidur. Menurut pakar tidur dari University of Southern California, Amerika Serika Eric Kezirian pada saat ruangan gelap cahaya dari alat-alat elektronik membuat susah tidur.

"Penggunaan ponsel di malam hari mengganggu kesadaran tubuh, hal ini membuat seseorang jadi sulit tidur," kata Kezirian.

Cara terbaik agar tidur lelap, pastikan Anda tidak menggenggam ponsel saat sudah berbaring di tempat tidur.

3. Makan biskuit cokelat sebelum tidur
Camilan tengah malam terkadang menyenangkan. Namun perlu diketahui remah-remahnya membuat semut hingga kecoak mendatangi kasur Anda.

"Makanan manis seperti cupcake, kue kering, soda dan jus buah mampu menarik para semut dan lalat tertentu," kata entomolog forensik American Museum of Natural History, Louis Sorkin.

Ketika hewan-hewan ini datang, semut misalnya, tidur pun tak nyaman karena bisa saja menggigit Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertengkar dengan pasangan

4. Bertengkar dengan pasangan
Sibuk bekerja seharian, terkadang ranjang merupakan tempat diskusi aneka hal. Namun jangan sampai menghadirkan masalah sulit sebagai bahan perbincangan di atas kasur.

"Menahan membicarakan masalah sebelum tidur maupun menahan emosi negatif lebih baik baik hubungan Anda dan pasangan. Daripada bertengkar dengan pasangan lebih baik saling memeluk sebelum tidur. Hal ini bisa melepaskan hormon endorfin yang membuat tubuh lebih tenang sehingga tidur jadi lebih mudah," kata pakar tidur Bonnie Eaker Will.

5. Mengecek email kantor
Ada waktunya untuk bekerja dan tidur, batasi hal-hal terkait pekerjaan bila sudah menyentuh kasur. Bekerja saat tubuh sedang mengantuk di kasur tak bisa membuat produktif.

"Banyak yang berpikir bekerja sebelum tidur itu produktif. Padahal lebih sering hal ini hanyalah alasan untuk menunda-nunda pekerjaan pada siang harinya. Lalu, sering mengerjakan tugas kantor di kasur memperberat insomnia," kata pakar dari National Sleep Foundation.

6. Tidur bersama hewan kesayangan
Tidur bersama hewan bisa membuat tidur Anda terganggu. Hal ini karena hewan bergerak, membuat suara, dan mengambil tempat tidur kita lebih banyak. Bagi orang yang memiliki asma atau alergi, kehadiran anjing atau kucing juga bisa berdampak pada kesehatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini