Sukses

Hati-hati, Pria Obesitas Berisiko Kena 10 Jenis Kanker

Mulai dari kanker kolon hingga kanker tiroid lebih berisiko terjadi pada pria bertubuh obesitas.

Liputan6.com, Jakarta Studi-studi sebelumnya mengatakan obesitas meningkatkan risiko terkena beberapa jenis kanker yakni kolon, esofagus, ginjal dan uterine. Namun studi terbaru ungkap ada lebih dari itu kanker yang mengintai pria obesitas.

Setelah melakukan analisis terhadap 1000 studi tentang hubungan antara kanker dan kelebihan berat badan, ada tujuh jenis kanker lagi yang berisiko pada pria obesitas seperti dikutip Men's Health, Minggu (11/9/2016).

Bagi mereka yang memiliki indeks massa tubuh lebih dari 25 alias obesitas berisiko terkena tujuh jenis kanker lain yakni lambung, liver, kantung empedu, pankreas, otak, tiroid, dan tulang. Orang obesitas misalnya, berpotensi 10 persen terkena kanker tiroid dan 80 persen terkena kanker perut dibandingkan orang normal.

Menurut pemimpin lembaga riset International Agency for Research on Cancer (IARC) Graham Colditz, terjadinya kemungkinan ada banyak kanker yang mengintai tubuh orang obesitas karena ada perubahan metabolisme dan hormon. Hal ini memicu peradangan kronik yang membuat potensi terjadinya kanker makin besar.

Lalu bagaimana bila ingin menjauhkan risiko kanker? Mudah. Menurunkan berat badan walau hanya lima persen dari berat sebelumnya mampu menurunkan risiko terkena kanker seperti diungkap Colditz.

"Bagi Anda yang belum obesitas dan gemuk, ada baiknya menghindari kenaikan berat badan agar terhindar dari risiko kanker," kata Colditz.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini