Kenapa Wanita Lebih Mudah Berjerawat?

Oleh Bella Jufita Putri pada 09 Sep 2016, 18:00 WIB
Diperbarui 09 Sep 2016, 18:00 WIB
20160905 Jerawat Wajah
Perbesar
Ilustrasi: Jerawat Pada Wajah (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Ketimbang pria, kulit wanita memang lebih mudah berjerawat. Berbeda dengan pria, banyak wanita sulit untuk melepaskan kebiasaannya berias wajah saat hendak keluar rumah. Dapat dipastikan satu atau dua produk kecantikan menempel di kulit mereka.

Namun apakah tumbuhnya jerawat selalu disebabkan karena penggunaan makeup?

Menurut Joshua Zeichner, M.D., director of cosmetic and clinical research dermatology di Mount Sinai Hospital, New York City, mengatakan, "Faktor gen menentukan apakah seseorang mudah mengalami pertumbuhan jerawat atau tidak."

Zeichner menjelaskan, pada dasarnya kebiasaan makeup bahkan pola diet tidak memberikan pengaruh dominan terhadap pertumbuhan jerawat.

"Gen adalah faktor atau pemicu utama yang mempengaruhi reaksi kulit, juga lingkungan dan hormon Anda," kata Zeichner.

Ia melanjutkan bahwa sebagian besar wanita cenderung lebih sensitif terhadap efek hormon, hal tersebut yang menyebabkan mengapa wanita lebih mudah berjerawat dibandingkan pria.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya