Sukses

Lamanya Rasa Sakit Saat Melahirkan Bikin Ibu Depresi

Lamanya rasa sakit saat melahirkan membuat ibu berpotensi alami postnatal depression semakin lama.

Liputan6.com, Hong Kong- Setiap wanita memiliki proses melahirkan yang berbeda-beda. Ada yang sakit, tapi ada yang mudah. Pada ibu yang melahirkan dengan rasa sakit ternyata hal ini meningkatkan risiko depresi alias postnatal depression.

"Ibu-ibu yang merasa rasa sakit atau nyeri sebulan sesudah persalinan paling meningkatkan perasaan ibu jadi cemas, malu, dan stres," tulis peneliti, seperti dikutip laman Daily Mail, Kamis (8/9/2016). 

Studi yang dilakukan peneliti dari Duke-NUS Medical School di Singapura ini melibatkan 200 ibu sehat yang sudah melahirkan. Peneliti melakukan survei sekitar enam hingga delapan minggu setelah melahirkan. Rupanya hampir semua ibu merasakan rasa sakit hingga satu bulan lamanya. Namun hanya sekitar 5,8 persen ibu yang alami depresi.

"Lewat hasil studi ini diungkapkan ibu sesudah melahirkan memerlukan dukungan untuk mengatasi nyeri guna mengurangi risiko postnatal depression. Namun perlu studi yang lebih besar untuk mengevaluasi hasil studi ini," kata pemimpin penelitian Wei Du.

Hasil studi ini berbeda dengan studi-studi sebelumnya yang mengatakan depresi pada ibu hamil terjadi karena perubahan hormon secara dramatis. Namun studi ini mengungkapkan sakit fisik terkait dengan emosi seorang ibu usai melahirkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini