Sukses

Tak Selalu Obat Oles, Jerawat Terkadang Butuh Antibiotik

Dr Suksmagita Pratidina mengatakan prinsip utama mengobati jerawat dengan mengeliminasi penyebabnya.

Liputan6.com, Jakarta - Mengobati jerawat yang memenuhi area wajah dan tubuh bagian lain perlu suatu pemeriksaan. Tidak bisa hanya dengan rajin cuci muka atau menghindari penggunaan kosmetik saja. Dengan begitu jerawat bisa cepat pergi dari tubuh kita.

Spesialis Kulit dan Kelamin dari Rumah Sakit Pondok Indah dr Suksmagita Pratidina mengatakan prinsip utama mengobati jerawat dengan mengeliminasi penyebabnya. Sebab, tidak menutup kemungkinan jerawat yang muncul itu akibat kuman bukan karena salah makan, stres, atau penanda menstruasi.

"Perlu juga antibiotik untuk mengobati jerawat. Antibiotik yang diberikan pun harus sesuai jenisnya karena spektrum kumannya berbeda-beda," kata Suksmagita dalam diskusi media bersama Bayer di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (31/8/2016).

Jika usai diperiksa jerawat yang muncul itu termasuk kategori ringan, dokter hanya akan memberi obat lini depan berupa obat oles. Namun, jika tak kunjung sembuh juga, dokter kulit akan mengambil tindakan berupa mengeliminasi penyebab dasarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.