Tak Selalu Obat Oles, Jerawat Terkadang Butuh Antibiotik

Oleh Aditya Eka Prawira pada 01 Sep 2016, 13:00 WIB
Diperbarui 01 Sep 2016, 13:00 WIB
Jerawat
Perbesar
Lima Manfaat Air Hangat untuk Wajah Berjerawat

Liputan6.com, Jakarta - Mengobati jerawat yang memenuhi area wajah dan tubuh bagian lain perlu suatu pemeriksaan. Tidak bisa hanya dengan rajin cuci muka atau menghindari penggunaan kosmetik saja. Dengan begitu jerawat bisa cepat pergi dari tubuh kita.

Spesialis Kulit dan Kelamin dari Rumah Sakit Pondok Indah dr Suksmagita Pratidina mengatakan prinsip utama mengobati jerawat dengan mengeliminasi penyebabnya. Sebab, tidak menutup kemungkinan jerawat yang muncul itu akibat kuman bukan karena salah makan, stres, atau penanda menstruasi.

"Perlu juga antibiotik untuk mengobati jerawat. Antibiotik yang diberikan pun harus sesuai jenisnya karena spektrum kumannya berbeda-beda," kata Suksmagita dalam diskusi media bersama Bayer di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (31/8/2016).

Jika usai diperiksa jerawat yang muncul itu termasuk kategori ringan, dokter hanya akan memberi obat lini depan berupa obat oles. Namun, jika tak kunjung sembuh juga, dokter kulit akan mengambil tindakan berupa mengeliminasi penyebab dasarnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya