Langkah-Langkah Terbebas dari Narkoba (II)

Oleh Benedikta Desideria pada 31 Agu 2016, 12:00 WIB
Diperbarui 31 Agu 2016, 12:00 WIB
Cara atasi kecanduan narkoba
Perbesar
Cara atasi kecanduan narkoba

Liputan6.com, Jakarta Meski sulit, bukan berarti tak bisa lepas dari candu narkoba. Banyak orang sudah membuktikannya. Bimbim Slank misalnya. Dulu ia pernah kecanduan narkoba, namun kini sudah berhasil tak konsumsi narkoba bahkan kini aktif mengkampanyekan hidup tanpa narkoba.

Agar bisa pulih dari candu narkoba ada banyak hal yang perlu dilakukan. Setelah pada artikel Bagaimana Cara Atasi Kecanduan Narkoba? (Bag 1) membahas mengenai putuskan membuatu suatu perubahan, mempelajari treatment yang dipilih, dan mencari dukungan orang-orang terpercaya. Berikut cara mengatasi kecanduan narkoba selanjutnya seperti dikutip dari laman yayasan sosial yang bergerak di bidang penanggulangan NAPZA, Sukma Sekar pada Rabu (31/8/2016).

4. Pelajari cara sehat mengatasi stres

Setelah menjalani perawatan kemudian pemulihan, bukan berarti selesai. Masih ada beragam persoalan hidup pemakai narkoba yang harus dihadapi. Biasanya stres kerap datang namun jangan sampai membuat kembali ke narkoba. Lebih baik cari cara efektif atasi stres.

Diantaranya dengan:
- Membebaskan stres tanpa narkoba
Seperti kita ketahui, terkadang penggunaan narkoba merupakan pelarian dari stres. Perlu diketahui bahwa konsumsi narkoba bukan cara mengatasi stres.
Ada cara-cara yang lebih sehat untuk mengendalikan tingkat stres, antara lain dengan latihan, meditasi, strategi rileks dengan menggunakan pancaindera, latihan pernapasan, dan tantangan menaklukkan pikiran.
- Strategi cepat membebaskan diri dari stres
Saat melewati perasaan tidak menyenangkan sebaiknya belajar mengatasi kesulitan bukannya jatuh lagi dalam narkoba.
Strategi membebaskan diri dari stres dengan cepat pada masing-masing orang berbeda. Kuncinya adalah menemukan yang terbaik untuk diri sendiri dan cara itu dapat menolong menenangkan diri pada saat merasa tertekan dan merasa tenggelam.

Masih bingung mengatasi stres dengan apa? Coba lakukan hal-hal berikut:
- Latihan melepaskan hormon endorphins, hilangkan stres, dan tonjolkan perasaan ingin menjadi sehat. Cobalah berlari di tempat, loncat tinggi, atau berjalan-jalan di sekitar rumah.
- Keluarlah dan berjemur di bawah hangatnya sinar matahari serta udara segar. Nikmati pemandangan atau lanskap yang indah.
- Sangat baik bila kita bisa yoga atau meditasi, karena dengan itu kita bisa menghilangkan stres dan mendapatkan keseimbangan.
- Mainlah dengan anjing atau kucing, nikmati suasana relaks dengan hewan piaraan.
- Mainkan beberapa musik yang lembut
- Nyalakan lilin aroma terapi
- Hirup kesegaran bunga atau biji kopi, atau aroma lain yang mengingatkan pada liburan yang paling menyenangkan.
- Tutup mata dan bayangkan tempat yang tenang, seperti pantai berpasir. Atau bayangkan kenangan indah seperti saat anak belajar berjalan, atau saat bertemu dengan teman.
- Buat secangkir teh panas
- Lihat foto keluarga yang paling disukai
- Berikan pijatan sendiri pada leher atau pundak
- Berendamlah di air panas atau mandi shower

5. Kendalikan keinginan memakai narkoba

Salah satu cara mempertahankan kondisi bersih dari narkoba dengan cara menghindari orang, tempat, atau situasi yang dapat menjadi pemicu untuk memakainya lagi. Diantaranya dengan:

- Putuskan hubungan dengan teman lama. Jangan membuat kesalahan dengan berkumpul bersama teman lama yang masih menggunakan narkoba. Tempatkan diri di sekitar orang yang mendukung kesembuhan Anda, bukan yang menantang untuk kembali ke kebiasaan lama.

- Hindari bar dan klub. Meskipun tidak punya masalah dengan alkohol, janganlah minum sedikitpun karena dapat membuat Anda relapse narkoba sering mudah didapat dan godaan untuk memakainya sangat tinggi. Hindari lingkungan atau situasi lain yang berhubungan dengan penggunaan narkoba.

- Utamakan riwayat penggunaan obat ketika mencari penyembuhan secara medis. Carilah tenaga medis yang dapat bekerja denganmu, baik dalam memberikan resep alternatif atau pengobatan absolut minimum yang diperlukan. Kamu tidak perlu merasa malu atau rendah diri dalam mengemukakan riwayat penggunaan obat sebelumnya atau merasa ditolak dalam pengobatan, jika itu terjadi, carilah tempat yang lain.

- Berhati-hatilah dengan resep obat. Hindari resep obat yang berpotensi untuk disalahgunakan, gunakan obat jika benar-benar perlu atau dalam kondisi yang benar-benar ekstrem. Obat yang berpotensi disalahgunakan antara lain obat penghilang rasa sakit, obat tidur, dan obat penenang.

6. Isi kehidupan dengan hal-hal positif

Menyibukkan diri dengan aneka aktivitas positif seperti mempelajari hal baru atau aktif di organisasi sosial.

7. Jangan putus asa bila terjadi kekambuhan (relapse)

Bila muncul keinginan konsumsi narkoba, tetaplah bersemangat untuk menahan kekambuhan tersebut.