Sukses

Tak Bisa Lihat Anak Lagi, Pria 32 Tahun Ini Buta Akibat Diabetes

Makan junk food dan minum soda meningkatkan gula darah ayah dua anak ini.

Liputan6.com, Jakarta - Michael Betteridge tidak bisa melihat anak-anaknya lagi setelah kehilangan penglihatan akibat penyakit diabetes. Bukan hanya itu, kemungkinan kakinya pun harus diamputasi.

Ayah berusia 32 tahun ini mulai merasakan penglihatannya kabur pada Mei tahun lalu. Dokter pun mendiagnosis Michael mengalami retinopati diabetik, seperti dilansir dari laman Dailymail, Rabu (31/8/2016).

Kadar gula yang tinggi merusak retina matanya. Pada September, ia benar-benar buta. Makan junk food dan minum soda meningkatkan gula darah. Selain itu, kebiasaan Betteridge merokok mengakibatkan menyusutnya pembuluh darah kecil di mata sehingga rusak.

Betteridge menceritakan ia mulai mengonsumsi makanan sehat sekarang. Ia pun mendesak penderita diabetes lainnya untuk tidak mengabaikan peringatan dokter. "Dengarkan dokter, dan menjaga tubuh membuat Anda merasakan hasilnya."

"Jangan makan sampah dan asap, merokok menyusutkan pembuluh darah di belakang mata. Itu adalah hal terburuk yang terjadi. Saya baru saja menjaga diet yang tepat," ujar Michael Betteridge.

Ayah dua anak ini didiagnosis dengan diabetes tipe 1 pada usia enam tahun. Namun ia tidak mengindahkannya. "Saya 14-15 tahun lalu ingin menjadi seorang pemuda yang melakukan segala sesuatu seperti teman sebaya. Makan segala sesuatu, seperti cokelat, keripik, minuman bersoda. Saya pikir saya bisa hidup selamanya."

Petugas medis telah mengejarnya selama berbulan-bulan untuk melakukan check up guna membantu mengelola kondisi Betteridge. Setelah penglihatan kabur, barulah ia pergi ke dokter.

Betteridge sedih karena kini tidak bisa lagi melihat kedua anaknya, Hallie (15) dan Michael (6). "Saya hanya bisa membayangkan mereka sekarang ini. Ketika mereka tumbuh tetap menjadi anak-anak baginya."

Anak-anaknya sekarang membantu menyelesaikan tugas sehari-harinya di sekitar rumah. Bahkan anak bungsunya mengatakan, " Ayah bisa menggunakan mata saya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.