Sukses

Jika Kurang Tidur Semalam, Perlukah Tidur Siang?

Studi ungkap partisipan yang kurang tidur membantu mengurangi hormon stres dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Liputan6.com, New York- Lembur, menenangkan bayi menangis atau pun tak bisa tidur seringkali jadi penyebab seseorang kurang tidur semalam. Jika memang Anda tidur kurang dari enam jam semalam, ada baiknya Anda tidur pada siang hari ini untuk mengurangi hormon stres dan meningkatkan protein yang meningkatkan daya tahan tubuh. 

Bagi Anda yang semalam hanya tidur dua jam, meluangkan waktu untuk tidur siang hanya 30 menit saja sudah memberi hasil positif luar biasa. Tidur siang mampu meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan daya tahan tubuh seperti diungkap dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism.

"Tidur siang bisa mengatasi efek kurang tidur semalam," kata penulis utama, Brice Faraut.

Sayangnya, studi ini hanya melibatkan 30 orang. Sehingga terlalu dini untuk menyimpulkan hal ini seperti dikutip laman NY Post, Senin (29/8/2016).

"Masih ada banyak hal yang perlu dipelajari tentang kurang tidur dan efek tidur siang. Sehingga--sesudah aneka penelitian--bisa jadi tidur siang teratur dapat direkomendasikan di kemudian hari," kata profesor di bidang saraf dari Weill Cornell Medical College, dokter Daniel Barone yang tidak terlibat dalam penelitian ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.