Sukses

Cara Jaga Tulang Tetap Sehat dan Kuat

Setengah dari semua wanita, dan satu dari pria di atas 50 tahun akan menderita patah tulang akibat kerapuhan.

Liputan6.com, Jakarta Setengah dari semua wanita, dan satu dari pria di atas 50 tahun akan menderita patah tulang akibat kerapuhan, kata perawat senior National Osteoporosis Society, Sarah Leyland.

"Ini sangat umum mendapatkan tulang patah di kemudian hari. Keseimbangan antara bangunan, dan kehilangan tulang yang berlangsung, cenderung keluar dari keseimbangan, terutama setelah usia 50," terangnya.

Mengkhawatirkan, seperlima dari korban patah tulang pinggul osteoporosis meninggal dalam waktu satu tahun, sementara 30 persen dipaksa di panti jompo.

Namun tulang lemah bukan berarti tak dapat dihindari. Mereka dapat diperkuat pada setiap usia dengan perubahan pola makan, dan gaya hidup. Berikut ini cara menjaga tulang, dilansir laman Mirror, Senin (29/8/2016).

1. Kurangi stres

"Stres bisa membuat tulang Anda membusuk lebih cepat. Jadi cobalah mengurangi itu mulai bangun tidur," terang kata ahli gizi, Max Tuck, penulis buku Cinta Tulang Anda: Panduan Pentung untuk Berakhir Osteoporosis dan Membangun Skeleton Sehat.

Hormon kortisol memecah asam amimo di dalam kolagen untuk energi darurat. Kolagen adalah matriks yang di atasnya dibangun tulang.

"Ini mengganggu pembentukan dan penyebaran sel-sel pembentukan tulang, penurunan tulang, dan kepadatan tulang. Hal ini juga menyebabkan magnesium mengalir keluar dari tubuh," lanjutnya.

Untuk meningkatkan tulang, coba ambil nafas dalam-dalam beberapa menit, dan berpikirlah positif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Minum segelas air

2. Minum segelas air

Dengan perasan lemon dan sejumput cabe rawit bisa menaikkan kadar asam klorida dalam lambung. Ini membantu pencernaan, membantu tubuh menyerap nutrisi yang dibutuhkan untuk kekuatan tulang.

Minumlah di taman sehingga Anda bisa meningkatkan vitamin D dari sinar matahari. Itu merupakan nutrisi penting untuk kekuatan tulang, dan resistensi fraktur.

3. Jus hijau atau smoothie

Seledri, mentimun, bunga matahari hijau, dan kacang-kacangan semua mengandung nutrisi penting termasuk kalsium untuk membangun kembali tulang.

4. Makan pagi

Biasakan sarapan untuk meningkatkan tulang. Konsumsilah bubur yang dibuat dari biji chia direndam dalam susu almond tanpa gula.

"Susu rendah magnesium penting dan memotong penyerapan vitamin D. Negara-negara dengan konsumsi susu tinggi memiliki insiden tertinggi osteoporosis," tambah Max.

Atau, peneliti Australia mengatakan tiga cangkir teh sehari terkait dengan risiko 30 persen lebih rendah untuk patah tulang, termasuk pinggul patah. Tapi jangan berlebihan, karena teh mengandung tanin yang mengganggu penyerapan mineral.

3 dari 3 halaman

5. Berjalan seperti burung

5. Berjalan seperti burung

Sambil menunggu bis atau kereta, praktikkan merpati berjalan untuk meningkatkan keseimbangan bergerak. Ambil langkah lambat, tempatkan tumit di lantai sebelum jari-jari kaki.

6. Di meja

Duduk tegak di meja bisa memperkuat tulang belakang, memperbaiki postur tubuh, dan mencegah kebongkokan. Buat seolah Anda menelan tongkat panjang yang membuat Anda tak bisa membungkukkan tulang belakang Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Osteoporosis adalah penyakit tulang yang ditandai dengan menurunnya kepadatan tulang secara keseluruhan.

    Osteoporosis

  • Patah tulang atau fraktur adalah kondisi terputusnya keutuhan susunan tulang pada tubuh manusia.

    Patah Tulang