Sukses

Bahaya Olahraga Saat Tubuh Terlalu Lelah

Berikut adalah beberapa risiko yang bisa didapatkan akibat berolahraga ketika fisik Anda sudah sangat lelah.

Liputan6.com, Jakarta- Olahraga memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung, kebugaran fisik yang lebih baik, nyeri otot yang lebih sedikit, penurunan risiko kanker, dan berpotensi hidup yang lebih lama.

Karena manfaat-manfaat tersebut, mungkin hal ini membuat Anda terus-menerus melakukan dan memaksakan tubuh untuk terus melakukan latihan hingga Anda mencapai titik kelelahan fisik. Namun tahukah Anda, bahwa hal ini berisiko bagi Anda?

Dilansir dari ehow, Rabu (24/8/2016), berikut adalah beberapa risiko yang bisa didapatkan akibat berolahraga ketika fisik Anda sudah sangat lelah:

1. Cedera otot

Ketika Anda memaksa tubuh yang kelelahan untuk terus berolahraga, ternyata akan lebih sulit untuk mempertahankan bentuk otot tubuh yang tepat. Hal ini dapat meningkatkan ketegangan otot dan membuatnya bekerja terlalu berat.

Berolahraga yang melewati titik kelelahan tubuh akan memberikan ketegangan otot, keseleo, kelelahan otot, dan nyeri selama berhari-hari yang muncul setelah Anda berolahraga. Jika Anda terus berolahraga bahkan dengan otot yang sakit, tubuh bisa berakhir dengan rasa sakit dan nyeri yang lebih parah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 - 4

2. Terjatuh

Salah satu risiko yang paling serius akibat berolahraga melewati titik kelelahan, yaitu terjatuh. Misalnya, ketika Anda sedang lelah, mungkin Anda tidak melihat lubang di jalanan ketika sedang berlari atau mungkin Anda sangat berjuang saat angkat beban atau menekuk tubuh dengan benar. Sehingga ini akan menyebabkan Anda tersandung bahkan terjatuh. Risikonya berkisar dari memar kecil, patah tulang, bahkan cedera kepala.

3. Kekurangan oksigen

Ketika Anda berolahraga melewati titik lelah, akan lebih sulit untuk bernapas dengan benar dan tubuh Anda juga akan lebih berjuang untuk mendapatkan oksigen. Padahal oksigen adalah kunci latihan yang sehat, selain itu Anda juga mungkin mengalami nyeri otot atau merasa seperti akan pingsan. Ini bisa sangat berbahaya jika tempat olahraga jauh dari rumah Anda.

4. Over-training

American Council on Exercise melaporkan, jika olahraga melewati titik lelah, dapat menyebabkan kemurungan, kesulitan tidur, gangguan siklus menstruasi, peningkatan denyut jantung, dan kelelahan kronis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini