Sukses

Pilih Tabir Surya Harus SPF Tinggi?

SPF tinggi tak menentukan kualitas tabir surya lebih efektif melindungi kulit.

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan tabir surya setiap hari sangat disarankan. Sebab paparan sinar matahari yang menyengat dapat merugikan kesehatan kulit jika tak terlindungi.

Namun apa benar kita perlu menggunakan tabir surya dengan perlindungan matahari atau  Sun Protection Factor (SPF) tinggi?

Meskipun banyak orang yang percaya bahwa tabir surya dengan SPF tinggi lebih efektif melindungi kulit, American Academy of Dermatology mengatakan, tabir surya dengan SPF 30 belum tentu memiliki kekuatan dua kali lipat dibandingkan SPF 15. Bahkan ada tabir surya dengan SPF 30, 97 persen mampu melindungi kulit dari paparan matahari.

Dalam laman Environmental Working Group, tabir surya dengan SPF 30 memiliki kekuatan sebesar 40 hingga 80 menit untuk melindungi kulit meski di dalam air. Adapun keunggulan lebih dari tabir surya dengan SPF tinggi yaitu lebih efektif melindungi kulit dari radiasi ultraviolet dibandingkan dengan SPF yang rendah.

Consumer Reports telah menguji keefektifitasan SPF tinggi dan rendah dalam kurun waktu empat tahun. Peneliti menguji dan menemukan fakta bahwa tak selamanya tabir surya dengan SPF tinggi lebih baik melindungi kulit.

"Hanya 26 persen tabir surya yang alami dan 58 persen tabir surya mengandung bahan kimia," dikutip dari laman Huffington Post, Kamis (18/8/2016).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini