Duta Baru WHO, Miliarder Dermawan Michael Bloomberg

Oleh Benedikta Desideria pada 18 Agu 2016, 16:00 WIB
Diperbarui 18 Agu 2016, 16:00 WIB
Michael Bloomberg (Foto: Esquire)
Perbesar
Michael Bloomberg (Foto: Esquire)

Liputan6.com, New York- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjuk miliarder dermawan Michael Bloomberg sebagai Duta Global Penyakit Tidak Menular (Global Ambassador for Noncommunicable Diseases) pada Rabu, 17 Agustus 2016.

Direktur WHO Margaret Chan mengatakan penunjukan Bloomberg merujuk upaya pria yang pernah menjadi Wali Kota New York, Amerika Serikat, dalam program-program WHO selama ini.

"Michael Bloomberg adalah rekan kerja penuh nilai dan memiliki jejak rekam dalam mendukung WHO dalam mengontrol tembakau, meningkatkan data kesehatan, mengupayakan keselamatan di jalan raya dan mencegah kasus tenggelam," kata Chan.

Seperti dikutip laman UN, Kamis (18/8/2016), tugas Bloomberg adalah untuk membantu memobilisasi tokoh-tokoh politik, sektor swasta dan pendonor untuk melakukan upaya pencegahan dan perawatan penyakit tidak menular, serta mengupayakan hal-hal yang bisa mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Bloomberg sendiri merasa amat terhormat mampu bergabung menjadi bagian dari WHO. Ia pun bersemangat dan optimistis mampu meraih target-target yang ditentukan. 

"Kota-kota dan negara-negara di seluruh dunia akan kita buat mampu melakukan pencegahan penyakit tidak menular, kematian dini dengan melakukan hal-hal efektif secara global. Sehingga kita mampu menyelamatkan banyak nyawa," kata Bloomberg.

Menurut WHO, penyakit tidak menular seperti kanker, diabetes, penyakit jantung dan paru serta kecelakaan menyebabkan kematian hingga 43 juta orang per tahun, sehingga hampir 80 persen jadi penyebab kematian di dunia.