Sukses

Warna Urine Tak Hanya Bening dan Kuning

Penyebab urine berubah warna menjadi ungu bahkan merah muda.

Liputan6.com, Jakarta Warna urine benar-benar terbukti dapat menunjukkan kesehatan tubuh Anda. Mungkin warna urine yang paling dominan adalah berwarna bening yang menandakan asupan air Anda cukup. Sementara kuning menandakan tubuh mengalami dehidrasi berat dan masalah kesehatan lainnya.

Melansir laman Hello Giggles, Kamis (18/8/2016) nyatanya, warna urine tak hanya kedua warna tersebut. Perubahan warna urine seperti berwarna cokelat, ungu, biru dan warna lainnya bisa terjadi pada tubuh manusia.

Hal tersebut disebabkan oleh masalah kesehatan pada organ bagian dalam yang memerlukan pemeriksaan lanjut. Berikut lima warna urine dan penyebabnya:

1. Ungu

Jika warna urine Anda berubah menjadi warna ungu, mungkin Anda menderita porfiria. Menurut Mayo Clinic, kondisi kesehatan ini terjadi akibat tubuh mengalami penumpukan bahan kimia alami dan kekurangan enzim sehingga menyerang sistem saraf dan mengubah urine menjadi ungu.

2. Cokelat

Warna urine cokelat menandakan tubuh bermasalah pada relaksan otot atau akibat penggunaan antibiotik.

3. Hijau

Jangan khawatir dulu jika warna urine Anda menjadi hijau. Kemungkinan besar Anda terlalu banyak mengonsumsi sayuran hijau atau vitamin dalam tubuh yang tidak diserap dengan benar.

4. Biru

Hiperkalsemia (tingginya kadar kalsium di dalam plasma darah) menjadi penyebab urine menjadi biru. 

5. Merah muda atau merah

Penyebab paling umum adalah terdapatnya darah dalam urine. Biasanya juga terjadi pada pasien yang terkena kanker kandung kemih, keracunan, dan terlalu banyak konsumsi bit dan blackberry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.