Selulit dan Stretch Marks, Apa Bedanya?

Oleh Benedikta Desideria pada 10 Agu 2016, 15:30 WIB
Diperbarui 10 Agu 2016, 15:30 WIB
Cara Praktis Hilangkan Selulit dengan Telur
Perbesar
Telur dapat digunakan untuk membuat selulit tampak samar.

Liputan6.com, New York- Selulit dan stretch marks sama-sama kondisi kulit yang sebenarnya tidak membahayakan kesehatan. Meski begitu bila satu atau dua kondisi tersebut terjadi pada wanita bisa meruntuhkan kepercayaan diri.

Kehadiran selulit dan stretch marks umum terjadi pada wanita. Namun biasanya kita masih sering kurang tepat membedakan dua kondisi ini. Berikut penjelasan selengkapnya tentang perbedaan selulit dan stretch marks seperti dikutip laman Web MD, Rabu (10/8/2016).

Selulit

Rutin berolahraga hingga konsumsi makanan sehat bantu kurangi selulit di paha (Foto: myhealthteam.com.au)
Selulit merupakan kondisi hadirnya lemak di bawah permukaan kulit. Lemak ini secara kentara muncul karena mendorong jaringan ikat di atasnya. Hal inilah yang menyebabkan permukaan kulit jadi nampak bergelombang atau tidak rata.

Selulit umum terjadi pada wanita dibandingkan pria dan umumnya bersifat genetis. Bila ada anggota keluarga yang memiliki selulit, besar kemungkinan wanita lain di keluarga tersebut pun memiliki selulit.

Meski tidak berbahaya, banyak orang ingin menyingkirkannya karena membuat permukaan kulit jadi tidak indah dipandang. Apalagi selulit sering hadir di pinggang, bokong, paha belakang, dan payudara.

Penyebab:
Selulit bukan hanya ada pada tubuh orang gemuk, orang kurus juga bisa memilikinya. Ada faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan selulit hadir yakni: diet yang buruk, metabolisme tubuh melambat, perubahan hormon, aktivitas fisik yang kurang, dehidrasi, jumlah lemak tubuh, serta ketebalan dan warna kulit.

Stretch marks

Teh hijau tidak hanya berguna untuk mengurangi kadar lemak, tapi juga melenyapkan stretch mark. Benarkah demikian?
Stretch marks adalah garis-garis berwarna putih pada kulit yang muncul akibat peregangan yang drastis dan elastisitas kulit rendah. Biasanya stretch marks hadir pada bagian tubuh seperti perut, paha, pinggul, payudara, lengan atas dan punggung bawah. Baik pria dan wanita bisa timbul stretch marks di tubuhnya.

Penyebab:
Perubahan bentuk tubuh secara signifikan bisa menyebabkan hadirnya garis-garis putih ini di kulit. Misalnya saat hamil, kenaikan berat badan, bahkan penurunan berat badan secara ekstrem.

Kehadiran stretch marks diawali garis-garis kemerahan lalu lama kelamaan jika tidak diatasi menjadi garis berwarna putih atau silver.