Berapa Idealnya Beda Usia Pasangan agar Langgeng?

Oleh Dyah Puspita Wisnuwardani pada 07 Agu 2016, 13:00 WIB
Diperbarui 07 Agu 2016, 13:00 WIB
5 Pernikahan Beda Usia Paling Kontroversial
Perbesar
Banyak yang bilang kalau cinta tak mengenal usia. Namun bagaimana dengan pasangan-pasangan berikut ini?

Liputan6.com, Jakarta Bagi beberapa orang, usia hanyalah angka. Apalagi jika menyangkut rasa cinta. Perbedaan usia yang terentang jauh antar-pasangan seringkali diabaikan. Benarkah usia tak berpengaruh pada kemampuan bertahannya suatu hubungan?

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti di Emory University, Atlanta, Amerika Serikat menemukan beda usia ideal antar-pasangan yang bisa meningkatkan kemungkinan langgengnya suatu hubungan.

Studi tersebut mempelajari 3.000 orang dan menemukan pola, semakin besar jarak usia pasangan, semakin besar pula risiko kandasnya hubungan tersebut. Alasannya, karena masing-masing pasangan memiliki tujuan dan minat yang berbeda dalam fase hidup mereka.

Berdasarkan studi tersebut, pasangan dengan beda usia 5 tahun memiliki 18 persen kemungkinan berpisah dibandingkan pasangan yang usianya sepantaran. Sementara mereka yang berbeda usia 10 tahun memiliki kemungkinan berpisah hingga 39 persen. Kemungkinan berpisah menjadi sangat besar hingga 95 persen ada pada pasangan yang berbeda usia hingga 20 tahun.

Lantas berapah beda usia ideal untuk hubungan yang langgeng? Melansir laman Goodhousekeeping, Minggu (7/8/2016), peneliti percaya bahwa jarak usia 1 tahun adalah yang paling ideal dengan kemungkinan bercerai lebih kecil, yakni tiga persen.

Meski hasil studi menunjukkan temuan tersebut, Anda yang usianya terpaut jauh dengan pasangan tak perlu berkecil hati. Setiap pasangan tentu memiliki gaya dan caranya sendiri dalam membina hubungan. Faktor seperti anak, kebiasaan, serta kecocokan juga ikut memengaruhi hasil hubungan Anda.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya