Sukses

6 Makanan dan Minuman Pelindung Kulit dari Sinar UV

Kulit tidak hanya dirawat dari luar saja namun juga harus mendapatkan perlindungan yang tepat dari dalam.

Liputan6.com, Jakarta- Menjaga kesehatan kulit sama pentingnya dengan menjaga kesehatan bagian tubuh lainnya. Namun tentunya sesuatu yang penting dan berharga tidak akan pernah luput dari ancaman. Salah satu ancaman terbesar pada kulit adalah sinar matahari.

 

Tidak hanya mampu merusak kulit di bagian luar saja, namun sinar matahari juga mengancam keberlangsungan hidup sel-sel di bagian dalam kulit yang mana bisa berujung menjadi kanker.

Untuk memastikan kulit tetap sehat, anda tidak bisa bergantung pada produk perawatan saja. Anda juga harus mulai mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan antioksidan. Agen alami yang dibawakan oleh senyawa antioksidan ini membantu merawat kulit dari dalam dan memastikan sinar penyebab kerusakan kulit seperti, UVA dan UVB tidak sampai ke bagian akar.

Berikut enam makanan dan minuman kaya akan kandungan antioksidan yang mampu melindungi kulit dari ancaman sinar matahari, seperti dilansir dari foxnews, Sabtu (6/8/2016):

1. Paprika

Paprika segala warna memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Saat dikonsumsi, antioksidan dalam paprika akan berubah menjadi vitamin A yang berperan sebagai agen pelindung sel-sel kulit sekaligus penghambat terjadinya kerusakan pada lipid atau lemak tipis yang berada di area sekitar sel-sel kulit tersebut. 

2. Tomat matang

Warna merah pada tomat merupakan hasil dari pigmen alami yang dinamakan lycopen. Pigmen lycopen kaya akan antioksidan yang tidak hanya berfungsi sebagai pelindung kulit dari sinar matahari, namun juga dapat membantu mencegah seseorang supaya tidak menderita penyakit terkait prostat seperti, benign prostatic hyperplasia.

3. Semangka

Sama halnya dengan tomat, buah semangka juga kaya akan antioksidan yang dikandung dalam pigmen lycopen. 

4. Teh hijau

Polifenol catechins, antioksidan pada teh hijau bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan kulit saja, namun pada kesehatan keseluruhan tubuh anda. Terlebih lagi, belum lama ini sebuah penelitian menguak khasiat teh hijau juga termasuk membantu memberikan seseorang hidup yang lebih panjang. 

5. Biji cokelat (cocoa)

Antioksidan yang ada dalam biji cokelat, flavanols berperan sebagai perisai, menjaga kulit dari ancaman yang datang dari luar.

 

6. Sirip ikan

Asam lemak Omega-3 pada sirip ikan adalah antioksidan alami pelindung kulit dan juga jantung. 

Namun perlu untuk diingat, walaupun beberapa makanan di atas dapat memberikan perlindungan dari sinar berbahaya matahari, tapi bukan berarti anda bisa mencoret sayur-sayuran dari daftar makanan anda. Selain itu, jangan lupa oleskan tabir surya ke seluruh badan sebelum keluar rumah dan beraktivitas. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.