Sukses

Agar Susu Tak Bikin Mencret, Begini Caranya

Sekitar 75 persen anak yang alergi susu sapi dapat menoleransinya bila susu dihangatkan lebih dulu.

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 75 persen anak yang alergi susu sapi dapat menoleransinya bila susu dihangatkan lebih dulu. Demikian yang dilaporkan dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology, Juli 2008.

Anak dengan alergi susu menetap memproduksi antibodi yang bereaksi terhadap protein susu spesifik. “Oleh sistem imun, protein itu dikenali sebagai benda asing,” ujar Dr. Anna Nowak-Wegryzn dari Mount Sinai School of Medicine, New York, Amerika Serikat.

Dalam studi, 100 anak diberi muffin pang¬gang dan wafel berisi protein susu hangat. Bila ini dapat ditoleransi, anak lalu diberi susu yang tidak dihangatkan.

Anak-anak yang toleran terhadap susu panas, tetapi tidak dengan susu tanpa pemanasan, lalu diberi makanan panggang rumahan yang mengandung susu selama tiga bulan. Terhadap mereka dilakukan penilaian.

Hasilnya, sebanyak 68 anak toleran terhadap susu hangat, 23 anak mengalami reaksi dengan susu hangat, sedangkan 9 lainnya toleran terhadap baik susu hangat maupun yang tidak dihangatkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini