Sukses

Pelihara Ikan Mas di Rumah Harus Lebih dari Satu Ekor, Mengapa?

Negara Swiss memiliki aturan yang melarang penduduknya memelihara hanya satu ikan mas di rumah.

Liputan6.com, Zurich- Bila Anda memiliki akuarium mini di rumah, mungkin isinya tidak lepas dengan ikan mas. Ikan jenis ini paling sering dijadikan hiasan lantaran bentuk dan warnanya unik dan perawatannya tidak terlalu sulit.

Namun, tahukah Anda bahwa ikan mas tidak bisa hidup sendiri di dalam air? Seperti dimuat Mirror, Jumat (29/7/2016), ikan mas bisa sakit bila sendiri. 

Uniknya, pemerintah negara Swiss memiliki sebuah peraturan yang mengharuskan penduduknya untuk memiliki lebih dari satu ikan mas di rumah apabila berniat untuk memelihara. 

"Ikan mas biasa hidup berkelompok, mereka bergerak dan hidup dalam kawanan besar. Ikan mas adalah makhluk yang gemar bersosialisasi," tulis sebuah organisasi amal di Inggris dan Wales yang mengalakkan kesejahteraan hewan, Royal Society for the Prevention of Cruelty to Animals (RSPCA).

Hal ini sangat mungkin menjadi alasan yang memicu pemerintah Swiss untuk menerapkan peraturan tersebut. Sebab, menurut rekomendasi RSPCA, ikan mas yang hidup sendiri bisa lesu hingga depresi.

Jadi, meskipun Anda tidak ingin ada dua ikan mas, setidaknya berikan dia teman untuk mengajaknya bermain.

Tak hanya itu, fakta menarik lainnya adalah ikan mas sangat cerdas. Bila ikan lain memiliki memori hanya tiga detik, rentang memori ikan mas bisa mencapai lima bulan. Jadi, jangan heran apabila ia dapat mengingat wajah Anda.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini