Sukses

Cara Kurangi Dampak Buruk Duduk Seharian

Pangkas risiko duduk terlalu lama di kantor dengan jalan kaki cepat satu jam per hari.

Liputan6.com, London - Imbangi aktivitas duduk seharian di meja kantor dengan jalan kaki selama satu jam setiap hari. Menurut studi, hal ini mampu mengurangi risiko meninggal lebih cepat  gara-gara kurang aktif.

Aneka penelitian telah menyebutkan duduk lebih dari delapan jam setiap hari tanpa berolahraga meningkatkan risiko kematian hingga 60 persen. Orang yang terbiasa duduk seharian rentan terkena penyakit jantung dan kanker.

Untuk memangkas risiko tidak menyenangkan tersebut ada baiknya untuk melakukan aktivitas fisik moderat selama satu jam. Bisa dengan jalan kaki cepat atau pun bersepeda seperti diungkap dalam studi yang dipublikasikan jurnal Lancet.

"Kami menemukan bahwa setidaknya aktivitas fisik setiap hari, seperti jalan cepat atau bersepeda bisa menghilangkan hubungan antara kematian dengan duduk terlalu lama," tutur pemimpin studi dari Cambridge University, Professor Ulf Ekelund.

"Anda tidak perlu benar-benar melakukan olahraga untuk mengurangi risiko mati cepat, tak perlu ke gym. Cukup jalan cepat di pagi, siang, atau malam hari. Tak perlu melakukan langsung satu jam tapi bagi dalam beberapa waktu," kata Ulf lagi seperti dikutip laman Huffington Post UK, Kamis (28/7/2016).

Terlalu sibuk dan tak sempat berjalan kaki? Anda bisa melakukan aktivitas fisik di sela-sela kesibukan seperti dikatakan Prof Ekelund.

"Buat aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari. Seperti berjalan kaki menuju halte bus saat berangkat atau pulang. Lalu saat berada di kantor istirahatlah sekitar lima menit untuk pergi ke lantai lain, fotokopi, atau ambil minum," tutur Prof Ekelund.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini