Imunisasi Dapat Cegah Kanker pada Anak

Oleh Bella Jufita Putri pada 27 Jul 2016, 06:30 WIB
Diperbarui 27 Jul 2016, 06:30 WIB
Ilustrasi Imunisasi
Perbesar
Ilustrasi Imunisasi (Liputan6.com/M.Iqbal)

Liputan6.com, Jakarta Meskipun kanker pada anak sulit terdeteksi lebih awal, namun ada cara untuk mencegah pertumbuhan penyakit ini dengan menjaga pola hidup sehat dan memberinya vaksin atau imunisasi.

"Memberikan vaksinasi itu penting untuk menjaga daya tahan tubuh anak agar terhindar dari penyakit. Vaksinasi itu mencegah anak menjadi sakit," ujar Dr. Haridini Intan, spesialis hematologi dan onkologi dari RS Kanker Dharmais saat Konferensi Pers Jelajah Tembang Cinta oleh yayasan Sentuhan Kasih Anak Indonesia (YSKAI), di Museum Nasional, ditulis Rabu (27/07/2016).

Haridini meminta orangtua untuk lebih peka dalam mengasuh dan merawat anak sejak kecil dan tidak melewatkan pemberian setiap imunisasi pada anak. Hal ini karena kanker darah atau leukemia, retinablastoma atau kanker retina, limfoma, tumor otak, dan neuroblastoma merupakan jenis kanker yang paling sering terjadi pada anak di Indonesia. 

"Hidup sehat, itu jadi kunci pencegahan terjadinya kanker pada anak," ujarnya.

Selain melakukan imunisasi, penting juga menjaga pola diet dengan membiasakan anak mengonsumsi makanan dan minuman bergizi dan bernutrisi agar anak bisa terhindar dari kanker.

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Soto Gratis Warga Isoman