Sukses

Imunisasi Dapat Cegah Kanker pada Anak

Selain menjalankan pola hidup sehat, imuniasi menjadi salah satu pencegah kanker pada anak.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun kanker pada anak sulit terdeteksi lebih awal, namun ada cara untuk mencegah pertumbuhan penyakit ini dengan menjaga pola hidup sehat dan memberinya vaksin atau imunisasi.

"Memberikan vaksinasi itu penting untuk menjaga daya tahan tubuh anak agar terhindar dari penyakit. Vaksinasi itu mencegah anak menjadi sakit," ujar Dr. Haridini Intan, spesialis hematologi dan onkologi dari RS Kanker Dharmais saat Konferensi Pers Jelajah Tembang Cinta oleh yayasan Sentuhan Kasih Anak Indonesia (YSKAI), di Museum Nasional, ditulis Rabu (27/07/2016).

Haridini meminta orangtua untuk lebih peka dalam mengasuh dan merawat anak sejak kecil dan tidak melewatkan pemberian setiap imunisasi pada anak. Hal ini karena kanker darah atau leukemia, retinablastoma atau kanker retina, limfoma, tumor otak, dan neuroblastoma merupakan jenis kanker yang paling sering terjadi pada anak di Indonesia. 

"Hidup sehat, itu jadi kunci pencegahan terjadinya kanker pada anak," ujarnya.

Selain melakukan imunisasi, penting juga menjaga pola diet dengan membiasakan anak mengonsumsi makanan dan minuman bergizi dan bernutrisi agar anak bisa terhindar dari kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini