Sukses

Wanita Perokok Riskan Alami Pendarahan Otak

Para ahli dari American Heart Association, membuktikan, wanita perokok paling berisiko mengalami pendarahan otak bila dibandingkan laki-laki

Liputan6.com, Jakarta Para ahli dari American Heart Association, membuktikan, wanita perokok paling berisiko mengalami pendarahan otak bila dibandingkan laki-laki perokok atau non perokok.

Perdarahan otak atau lebih dikenal sebagai pendarahan subarachnoid adalah pendarahan yang berada di daerah antara permukaan otak dan jaringan di bawahnya yang menurut National Library AS dari Medicine, dapat mengakibatkan kejang, koma, dan akhirnya kematian.

Wanita perokok berat, atau mereka yang mengisap 21- 30 batang per hari punya risiko paling tinggi. Wanita 8 kali lebih berisiko mengalami pendarahan otak dibandingkan wanita non perokok. Sementara perokok laki-laki hanya 3 kali berisiko terkena pendarahan otak dibandingkan non-perokok.

"Kami menemukan bukti kuat bahwa peningkatan risiko akibat merokok lebih besar terjadi pada wanita " jelas Dr Joni Valdemar Lindbohm, seorang dokter bedah saraf dan kesehatan masyarakat di Universitas Helsinki, Finlandia, seperti dilansir Foxnews, Minggu (24/7/2016).

Para ahli mengatakan otak perempuan lebih rentan terhadap efek merokok, karena merokok dapat menurunkan kadar estrogen yang juga menyebabkan peradangan dan proses lain yang menyebabkan pembuluh darah turun hingga kehabisan darah. Merokok juga menyebabkan perempuan lebih cepat menopause.

Kabar baiknya adalah bahwa risiko ini dapat berkurang secara signifikan apabila para perokok ini berhenti merokok selama enam bulan.

Penelitian, yang diterbitkan dalam American Heart Association jurnal Stroke, melibatkan 65.521 orang dewasa yang dipilih secara acak antara 1972 dan 2011.

"Tidak ada tingkat aman dari rokok," kata Lindbohm. "Pilihan terbaik adalah tidak merokok. Berhenti merokok, bagaimanapun, dapat mengurangi risiko perdarahan subarachnoid baik pada wanita maupun pria."tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini