Sukses

Mengapa Bisa Terjadi Kembar Siam?

Banyak orang bertanya-tanya apa penyebab bayi kembar terlahir dempet pada sebagian tubuhnya atau biasa kita sebut bayi kembar siam.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang bertanya-tanya apa penyebab bayi kembar terlahir dempet pada sebagian tubuhnya atau biasa kita sebut bayi kembar siam.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSCM/FKUI, Dr.dr. Aryono Hendarto SpA(K), mengatakan, hingga kini belum penyebab bayi dempet belum diketahui pasti. Namun ada beberapa hipotesis yang menjadi faktor risiko terjadinya kembar siam.

"Kembar siam merupakan kelainan bawaan. Sampai sekarang yang ada hanya hipotesis, penyebab pasti belum diketahui," tutur dokter Aryono saat konfrensi pers pemisahan bayi kembar siam Safira dan Saqira (4 bulan) di RS Cipto Mangkunkusumo Jakarta, Jumat (22/7/2016).

Aryono menjelaskan, faktor risiko yang bisa memicu kelainan pada bayi adalah radiasi, konsumsi obat-obatan tertentu, serta adanya infeksi tertentu.

"Sampai sekarang penyebabnya tidak diketahui. Yang saya sebutkan tadi adalah faktor risiko, hipotesisnya," kata dokter Aryono.

Aryono menambahkan, kondisi janin kembar siam diketahui di usia kehamilan trisemester pertama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini