Sukses

4 Kemampuan yang Perlu Dimiliki si Kecil Sejak Dini

Pikiran bawah sadar manusia memiliki gerbang yang sangat tidak biasa, yaitu dalam bentuk filter yang terbentuk selama hidup kita. Sebagian..

Liputan6.com, Jakarta Pikiran bawah sadar manusia memiliki gerbang yang sangat tidak biasa, yaitu dalam bentuk filter yang terbentuk selama hidup kita. Sebagian besar filter tersebut terbentuk saat kita kecil, yaitu usia nol sampai enam tahun.

Banyak juga hal yang perlu diperkenalkan kepada anak, agar mereka dapat mempelajarinya dengan mudah dan menyenangkan sesuai pertumbuhan dan kebutuhan mereka. Salah satu yang paling mendasar adalah kemandirian.

“Hal ini dapat dilakukan dengan melatih kemampuan dasar mereka, kemampuan mengurus diri, kemampuan mengurus lingkungan, hingga melatih budi pekerti,” ujar Pakar Montessori, Henderina Corry, saat ditemui wartawan, beberapa waktu lalu.

Selain itu, kata dia, ada beberapa kemampuan yang perlu dimiliki anak dan diperkenalkan orangtua dengan cara yang mudah dan menyenangkan, seperti:

1. Melatih kemampuan dasar, seperti berjalan dan makan sendiri

2. Kemampuan mengurus diri, seperti cuci tangan, mandi, dan memakai baju sendiri

3. Kemampuan mengurus lingkungan, misalnya jika anak selesai bermain dan mainannya berantakan, anak akan diajarkan cara membereskan lagi mainannya.

4. Melatih budi pekerti

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini