Sukses

Manfaat Lain Buah Nanas

Nanas menjadi salah satu buah yang menambah rasa eksotis pada koktail, dan puding.

Liputan6.com, Jakarta - Nanas menjadi salah satu buah yang menambah rasa eksotis pada koktail, dan puding. Tapi sekarang ilmuwan percaya enzim yang ada pada batang, dan akar dari buah itu bisa membantu memerangi resisten terhadap obat.

Resisten antibiotik diperkirakan membunuh 10 juta orang pertahun hingga 2050. Sehingga perburuan bentuk-bentuk baru dari membunuh bakteri merupakan tantangan besar bagi komunitas ilmiah.

Dan kini, para ilmuwan Australia telah menemukan enzim yang terdapat pada nanas bisa menyembuhkan diare, dengan ujicoba terhadap anak babi, dilansir laman Dailymail, Senin (27/6/2016).

Temuan ini menjadi sangat penting, karena manusia, dan babi mirip dalam hal anatomi serta fisiologi. Dokter berharap enzim tersebut akan menambah senjata untuk melawan bakteri pada manusia.

Rob Pike, seorang ahli biokimia di LaTrobe University di Melbourne, Australia, menjelaskan enzim yang digunakan untuk mengobati anak babi bekerja dengan baik. "Penggunaan sembarangan antibiotik telah mengakibatkan bakteri resisten," jelasnya pada Sydney Morning Herald.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.