Sukses

Jus Cranberry Cegah Infeksi Saluran Kemih

Jus cranberry berpotensi membantu memerangi munculnya resistensi antibiotik.

Liputan6.com, Jakarta Jus cranberry berpotensi membantu memerangi munculnya resistensi antibiotik sehingga mengurangi risiko infeksi saluran kemih (ISK), seorang dokter yang melakukan sebuah studi baru mengungkapkan.

Pemimpin global untuk penyakit dalam datang bersama-sama dalam seminar di Canada House, London membahas bagaimana menemukan cara-cara alternatif untuk mencegah dan mengobati infeksi umum seperti ISK. Ini berfokus pada penelitian baru yang dilakukan oleh dokter terkemuka dari Amerika Serikat, dan Kanada yang menemukan minum segelas jus cranberry setiap hari bisa menjadi pendekatan nutrisi dalam membantu mengurangi gejala ISK, serta mengurangi penggunaan antibiotik di seluruh dunia.

Penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan adanya penurunan hingga 40 persen per gejala ISK pada wanita yang mengonsumsi satu gelas jus cranberry 240 ml sehari.

Seberapa seriuskah resistensi terhadap antibiotik? Kanselir UK, George Osborne baru-baru ini memperingatkan bahwa kecuali diambil tindakan, resistensi antimikroba akan menjadi ancaman yang lebih besar bagi umat manusia dari kanker.

"Penyebaran tumbuh resistensi antibiotik bisa merusak dekade kerja. Kita perlu menemukan strategi pengobatan alternatif untuk infeksi," ujar Dr Nathalie Tufenkji, di acara tersebut.

Ada juga Dr Kalpana Gupta, profesor kedokteran di Boston University telah melakukan uji coba klinis yang melibatkan 322 wanita yang rawan ISK. Sebanyak 185 wanita yang mengambil cranberry selama kurang lebih enam bulan, dan menghindari sekitar 30 program antibiotik untuk pengobatan ISK.

"Jika Anda seorang wanita yang telah memiliki ISK dalam enam bulan terakhir sampai satu tahun, dan ingin mengurangi kemungkinan infeksi lain, minumlah jus cranberry setiap hari. Namun hal ini harus didiskusikan dulu kepada dokter Anda," tambahnya.

Sebaiknya untuk merasakan manfaat jus ini, penderita harus minum sebelum mereka benar-benar terinfeksi. Jus cranberry dapat mencegah infeksi tetapi tidak dapat mengobati.

Louise de Winter, Kepala Eksekutif The Urologi Foundation menyatakan kepada Dailymail, Senin (20/6/2016), "Studi ini menunjukkan bahwa minum jus cranberry dapat memiliki efek yang ditandai pada mengurangi gejala dan kekambuhan ISK. Selain itu akan membawa manfaat sosial, dan ekonomi serta mengurangi penggunaan antibiotik."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.