Sukses

Manfaat Vitamin D untuk Tubuh

Vitamin D melindungi Anda dari sejumlah penyakit seperti kanker, multiple sirosis, depresi, diabetes, maupun jantung.

Liputan6.com, Jakarta Vitamin D melindungi Anda dari sejumlah penyakit seperti kanker, multiple sirosis, depresi, diabetes, maupun jantung. Oleh karena itu, dokter menyarankan Anda untuk keluar dan menjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkan beberapa vitamin D alami.

Atau Anda juga bisa mendapatkan vitamin D melalui sejumlah makanan, maupun suplemen. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan vitamin D untuk tubuh Anda, dikutip laman Boldsky, Minggu (19/6/2016).

1. Tunda Penuaan

Vitamin D dapat menunda timbulnya degenerasi makula terkait usia. Penyakit ini sering terjadi pada orang yang berusia di atas 50 tahun, namun dapat dikontrol dengan makan sehat, gaya hidup, serta selalu mengonsumsi vitamin D.

2. Menyerap kalsium

Vitamin D juga bisa membuat otot-otot kuat, dan membantu mereka berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, asupan yang tepat dari vitamin D mencegah terjadinya kejang, berkedut, dan kram.

Untuk orangtua, vitamin ini sangat baik. Penelitian telah membuktikan bahwa vitamin D mencegah mereka cepat jatuh karena otot kuat.

3. Kenaikan berat badan

Orang yang kekurangan vitamin D memiliki kecenderungan mengalami kenaikan berat badan selama beberapa periode. Dengan mengonsumsinya, akan memperlambat proses tersebut.

4. Wanita menopause rendah sakit jantung

Seorang wanita yang sudah menopause, namun tetap mengonsumsi vitamin D secara teratur jarang berisiko sakit jantung. Telah ditemukan bahwa wanita juga memiliki tingkat yang lebih tinggi dari HDL atau kolesterol baik dalam darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.