Sukses

Ubi Jalar, Si Manis yang Bantu Turunkan Berat Badan

Selain murah dan lezat, ubi jalar atau mantang pun bisa bantu menurunkan berat badan.

Liputan6.com, New Delhi Ubi jalar atau mantang (manis kentang) atau muntul merupakan salah satu bahan makanan yang mudah didapatkan di pasar. Selain ubi yang di dalamnya ada yang berwarna ungu, kuning, atau oranye harganya relatif murah. Lalu, salah satu manfaat ubi jalar lainnya yakni mampu membantu menurunkan berat badan.

Ada beberapa faktor yang membuat ubi jalar ini bisa membantu menurunkan berat badan. Mulai dari kandungan serat dan kandungan air. Berikut selengkapnya seperti dikutip laman Times of India, Selasa (14/6/2016).

1. Tinggi serat

Salah satu alasan yang membuat ubi jalar bisa menurunkan berat badan karena tinggi serat. Serat makanan bisa membuat perut merasa kenyang dalam jangka waktu panjang, sehingga mengurangi keinginan untuk makan. 

Lalu serat juga lambat dicerna. Ini artinya butuh waktu lama perut ada di dalam perut. Hal ini mencegah makan berlebih, terutama mengurangi kesempatan untuk makan makanan tinggi kalori.

Ubi | via: cara.media

2. Rendah kalori

Dalam satu sajian kalori ubi jalar terdapat 100 kalori. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan kentang yang bisa mengandung 400-500 kalori per sajian.

3. Tinggi kandungan air

Ubi jalar kaya air yang bisa membantu menurunkan berat badan jangka pendek dan panjang. Sama seperti serat, kandungan air bisa mengisi ruang saluran pencernaan. Hal ini membuat perut terasa kenyang sehingga tak tergoda makan camilan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini