Sukses

Hindari 8 Gestur Tubuh Ini Saat di Kantor

Bahasa tubuh ini cukup memperburuk kepribadian Anda di dalam kantor.

Liputan6.com, Jakarta Selain dengan lisan, mengekspresikan emosi dapat dilakukan dengan bahasa tubuh.

Sayangnya tak semua orang mampu dan mengerti dalam menunjukkan bahasa tubuh yang tepat saat berada di muka umum, khususnya di lingkungan pekerjaan. Sebab salah-salah menunjukkan bahasa tubuh dapat merugikan diri sendiri.

Mengutip laman Forbes, Senin (13/6/2016), Talent Smart telah menguji 1 juta orang dan menemukan bahwa orang-orang dengan jabatan yang tinggi cenderung memiliki kecerdasan emosional. Orang-orang tersebut tahu bagaimana caranya mengelola komunikasi secara lisan dengan baik dan mereka mampu memantau serta menyesuaikan bahasa tubuh mereka.

Berikut bahasa tubuh yang paling umum terjadi dan patut untuk dihindari sehari-hari.

1. Menghindari kontak mata

Bahasa tubuh ini menunjukkan Anda sedang berbohong atau menunjukkan rasa kurang hormat.

2. Membungkuk

Bahasa tubuh ini sering dilakukan saat Anda mengambil posisi duduk. Posisi duduk yang membungkuk menandakan energi yang melemah atau menunjukkan rasa kurang percaya diri.

3. Jabatan tangan yang lemah

Bahasa tubuh ini cukup menggambarkan kurangnya rasa tegas juga kurangnya otoritas pada diri Anda. Bukan berarti berjabat tangan harus terlalu keras sebab bisa menandakan Anda pribadi yang cukup agresif.

4. Melipat tangan

Bahasa tubuh ini menciptakan rasa yang tertutup kepada orang lain.

5. Melirik ke bawah

Di tengah berjalannya presentasi atau rapat hindari melirikkan mata ke arah bawah. Sebab gerakan tersebut menunjukkan Anda kehilangan konsentrasi juga membuat Anda terlihat lemah, tak nyaman, dan kurang percaya diri.

6. Memainkan rambut.

Gerakan tubuh ini cukup menggambarkan kegelisahan atau kecemasan Anda.

7. Menyentuh benda di meja

Saat berkunjung ke meja kolega Anda, lalu menyentuh atau memainkan benda di meja kantor kolega Anda, cukup menunjukkan ketidakhormatan atau tidak menghargai privasi mereka.

8. Melirik jam

Saat berkomunikasi dan melirik jam menunjukkan kesombongan atau rasa tidak tertarik saat berhadapan dengan orang di hadapan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini