Sukses

5 Langkah Atasi Nyeri Lutut

Saat terjatuh, atau cedera yang melukai lutut memang tak selalu langsung dirasakan sakitnya.

Liputan6.com, Jakarta - Saat terjatuh, atau cedera yang melukai lutut memang tak selalu langsung dirasakan sakitnya. Namun jika tak segera ditangani, linu atau nyeri akan menyerang. Beberapa kasus yang ada, rasa sakit justru timbul setelah berjam-jam.

Chaitanya Shah, konsultan dan pemilik Orthofit, mengatakan pada India Times, Senin (6/6/2016), "100 persen kemungkinan nyeri lutut tidak akan pernah hilang. Tapi Anda bisa mengambil beberapa tindakan untuk mengobatinya."

Berikut ini cara mengatasi nyeri, dan linu pada lutut dengan tepat:

1. Kompres es batu

Mengompres lutut dengan es batu adalah langkah pertama yang dapat dilakukan untuk memulihkan. Gunakan kantong plastik atau handuk untuk membungkus es batu, sehingga tidak bersentuhan langsung dengan kulit Anda.

2. Hindari sepatu berhak

Wanita yang senang mengenakan sepatu berhak, cobalah dihentikan dahulu agar rasa nyeri pada lutut tak berkepanjangan. Sebab, kaki menopang lebih berat, dan nyeri akan sulit hilang. 

3. Kelola makan

Untuk memperkuat otot atau sendi pada lutut tambahkan omega-3 dari ikan dan kedelai dalam menu setiap hari.

4. Latihan otot

Untuk memperkuat otot kaki khususnya bagian lutut dan paha, lakukan latihan fisik dengan teratur dan konsultasikan kepada fisioterapis Anda untuk mengetahui olahraga yang tepat dengan keluhan Anda.

5. Sesuaikan posisi duduk

Menjaga postur tubuh saat duduk akan membantu Anda mencegah rasa nyeri pada lutut. Perhatikan tinggi dan rendahnya kursi, di mana saat duduk kaki harus berada di posisi yang tegak. Sedangkan lutut menekuk dengan sudut yang tepat dan aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.