Makanan-Minuman yang Harus Dihindari Selama Ramadan

Oleh Meiristica Nurul pada 06 Jun 2016, 11:00 WIB
Diperbarui 06 Jun 2016, 11:00 WIB
20150716-Lelah Selama Perjalanan Mudik? Konsumsi 5 Makanan Ini 1
Perbesar
Gandum dipercaya sebagai makanan yang tinggi akan karbohidrat juga nutrisi penting untuk tubuh. Beberapa studi menyebutkan bahwa nutrisi pada gandum mampu memberikan suntikan energi baru yang lebih baik bagi tubuh. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Berbuka puasa maupun sahur bukan waktunya "balas dendam" dengan makanan. Apalagi jika Anda sudah berusia di atas 50 tahun. Anda harus lebih memiliki asupan makanan yang akan Anda santap.

Agar selama menjalani ibadah puasa Anda tak kehilangan gizi dan penyakit pun malas menyerang, cobalah tips makanan dan minuman yang baik dikonsumsi dari Dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

1. Batasi teh dan kopi

Saat sahur usahakan tidak mengonsumsi minuman teh dan kopi. Pasalnya, kedua asupan tersebut membuat metabolisme berjalan cepat. Kedua minuman itu juga cepat mendatangkan rasa haus meski tak sampai dehidrasi.

2. Makanan berserat

Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lamat cerna dan memiliki serta yang tinggi. Baik itu kala sahur maupun saat berbuka puasa. Makanan itu antara lain gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, dan nasi merah. 

3. Makan kurma

Makanan pertama yang masuk saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengonsumsi kurma. Karena buah tersebut mengandung gula serat, karbohidrat, kalium, dan magnesium. Dengan makan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi.

4. Makan pisang

Buah pisang sangat baik untuk tubuh Anda, sebab pisang mengandung kalium, magnesium, dan karbohidrat.

5. Batasi makanan yang digoreng

Makanan penuh minyak akan meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Bagi seseorang yang sudah usia lanjut cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan oleh lemak tersebut seperti jantung, hipertensi.

6. Batasi makanan cepat cerna

Cobalah mengurangi makanan yang cepat dicerna seperti gula. Karena hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus di tengah Anda menjalani puasa.

7. Konsumsi air atau jus buah

Agar tak kehilangan cairan dalam tubuh, sebaiknya konsumsi air atau jus buah di antara berbuka puasa, dan sebelum tidur. Sehingga aktivitas Anda di saat puasa tetap lancar keesok harinya.

8. Jangan banyak minum es

Minum es memudahkan Anda kenyang, sehingga asupan makanan gizi yang lengkap akan menurun karena perut Anda tak mampu lagi menampungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya