Sukses

Trik Agar si Kecil Doyan Makan Sayur

Tahukah Anda manfaat lain dari MPASI atau pemberian makanan pendamping ASI?

Liputan6.com, Jakarta - Pemberian MPASI (makanan pendamping air susu ibu) di usia enam bulan merupakan proses pengenalan beragam makanan guna memenuhi asupan gizi si Kecil.

Penulis buku makanan sehat, Bee Wilson, mengatakan pemberian sayuran hijau setelah usia empat bulan juga bisa mengubah bayi menjadi pemakan sehat di kemudian hari.

"Ada bukti menakjubkan yang menunjukkan bahwa antara usia empat sampai tujuh bulan ada yang disebut jendela rasa ketika manusia lebih mudah menerima rasa baru," kata Bee, dikutip dari Daily Mail, Kamis (2/6/2016).

 

Bee menyebut "jendela rasa" sebagai jalan bagi orangtua untuk membentuk si kecil menjadi individu yang gemar makan sayur. Ketika anak sudah dibiasakan makan sayur, seperti bayam dan brokoli, nantinya mereka akan akrab dengan makanan tersebut.

Para ilmuwan dari Monell Centre di Philadelphia, Julie Mennela dan Gary Beauchamp, mengatakan hal serupa bahwa memperkenalkan anak dengan makanan sehat di bulan pertama kehidupan mereka, dapat mengubah cara mereka menikmati makanan tertentu selama sisa hidup mereka.

Keduanya menyimpulkan, jika orangtua memperkenalkan wortel, brokoli, dan sayuran lainnya sedari kecil, anak bisa lebih selera menyantap makanan yang dianggap tidak enak itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.