Sukses

Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Kita Tertidur

Tahukah Anda apa saja yang terjadi dalam tubuh ketika kita tertidur?

Liputan6.com, Jakarta Tidur merupakan aktivitas manusia yang menghabiskan 1/3 waktu dalam satu hari pada manusia. Tidur juga merupakan hal yang wajib guna mengistirahatkan bagian tubuh manusia yang telah dipakai 2/3 waktu dalam sehari.

Namun tahukah Anda apa saja yang terjadi dalam tubuh ketika kita tertidur? Berikut aktivitas yang terjadi dalam tubuh ketika kita tidur:

1. Tubuh beristirahat

Ketika kita bekerja hampir seluruh bagian tubuh melakukan aktivitas secara bersamaan. Oleh karenanya tubuh membutuhkan waktu istirahat guna mengoptimalkan kinerja bagian tubuh di setiap harinya. Bagian tubuh yang tidak mengalami istirahat secara total hanyalah jantung dan otak.  

2. Perbaikan sel-sel dan detoksifikasi

Selain mengistirahatkan aktivitas bagian tubuh, tidur juga berfungsi untuk memberi kesempatan memperbaiki sel-sel yang rusak ketika melakukan aktivitas luar dan juga memberi kesempatan untuk tubuh dalam mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh atau menetralisir racun di dalam tubuh. Itu sebabnya posisi tidur juga mempengaruhi kualitas tidur Anda baik atau tidak.

3. Aktivitas otak menurun

Ketika tertidur, menurut laman HealthierLife otak akan menurunkan kinerjanya hingga 40 persen sehingga otak dapat beristirahat sebagian ketika tertidur. Hal tersebut tidak menurunkan aktivitas otak seluruhnya melainkan membuat kita bermimpi ketika sedang tidur. Tapi fakta medis mengatakan tidak hanya ketika tidur otak dapat beristirahat, ketika berkedip pun otak telah beristirahat sejenak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini